Soto Betawi di Warung Si Doel

Soto Betawi di Warung Si Doel

15 - Nov - 2011 | 02:07 | kategori:Kuliner

Tangerang. Seputar Nusantara. Di warung milik si Doel, pengunjung bisa merasakan suasana homey layaknya di rumah sendiri. Menunya beragam ada soto Betawi, asinan Betawi, atau kerak telor. Jangan lupa pesen segelas Es Nyun Nyun atau Es Zaenab hmm… dijamin bikin sueger!

Anak Betawi yang kondang lewat sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini memang sudah sukses jadi pengusaha. Buktinya si Doel sudah punya tempat makan yang dinamakan sesuai namanya yaitu ‘Warung Si Doel’. Restoran yang memiliki cabang di Bandung tersebut belum lama membuka gerainya di area Flavour Bliss, Alam Sutera.

Dari kejauhan restoran ini lebih mirip rumah Betawi, persis seperti di sinetron yang dibintangi Rano Karno tersebut. Di bagian depannya ada pagar berwarna hijau yang membatasi seperti teras. Pintu serta jendela-jendelanya dicat berwarna hijau tua. Oplet berwarna biru yang nangkring di bagian depan resto menambah kental suasana Betawi.

Di warung Si Doel, pengunjung ditawarkan beberapa makanan khas Betawi, seperti Soto Betawi, asinan Betawi, kerak telor, soto mie, dll. Selain itu ada pula beberapa menu Chinese food dan internasional. Untuk minumannya, Si Doel memberikan nama-nama yang cukup unik seperti Es Nyun Nyun, Es Zaenab, Es Markisa Mandra yang pastinya bikin penasaran.

Tidak ingin merusak suasana khas Betawi yang saya rasakan, maka saya memilih Soto Betawi dan siomay kampung. Sotonya bisa dipilih mau daging, paru, atau babat. Pendampingnya Es Nyun Nyun rekomendasi sang pelayan jadi pilihan. O ya, kalo bingung Nyun Nyun sebenarnya panggilan sayang Nunung untuk Mandra di sinetron tersebut. Pilihan lainnya ada Es Zaenab yang manis dan Es Mangga Munaroh yang asam-asam segar.

Buat penyuka sinetron Si Doel Anak Sekolahan seperti saya sambil makan, hitung-hitung bisa sekalian ikut bernostalgia. Apalagi bagian interior dalam resto juga kental dengan sentuhan Betawi. Mulai dari meja-meja kayu bundar yang ditaruh berjejer lengkap dengan lampu gantung di langit-langit. Saya sendiri sudah asyik bersantai di salah satu sofa kayu.

Tak lama, seporsi siomay kampung datang berisi 4-5 potong siomay campur. Siomay-nya terasa lembut meski rasa ikannya kurang begitu nendang. Tapi bumbu kacangnya digerus tidak terlalu halus sehingga ada sensasi krenyes-krenyes gurih saat menikmatinya.

Untuk Soto Betawi disajikan mengepul dalam mangkok putih lengkap dengan sepiring nasi putih. Di bagian atasnya digenangi taburan emping yang cukup royal. Setelah dikucurkan jeruk nipis dan ditambahkan sambal rawit hijau, sedikit kecap, lalu diaduk maka soto pun siap dinikmati.

Isinya terdiri dari paru bercampur dengan kentang dan tomat yang dipotong dadu. Kuahnya kecoklatan terasa gurih-gurih pedas saat melewati tenggorokan. Sayang parunya tidak digoreng sehingga tidak ada sensasi kriuk saat dinikmati. Es Nyun Nyun yang berupa kopi dengan topping es krim vanila ternyata pilihan yang pas. Slurpp… hmm sueger!

Di resto ini Soto Betawi plus nasi dihargai Rp 26.000,00 dan Rp 17.500,00 untuk seporsi siomay kampung. Sedangkan berbagai es buahnya dihargai Rp 15.000,00 – Rp 17.000,00. Ayo, siapa yang mau bertandang ke Warung si Doel?

Warung Si Doel
Flavour Bliss Alam Sutra 2
Alam Sutra, Tangerang
Telp: 021-29005092

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kuliner | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.