logo seputarnusantara.com

Menikmati Malam Hari di Jogjakarta Dengan Sajian Khas Sego Kucing dan Kopi Josss Pake Arang

Menikmati Malam Hari di Jogjakarta Dengan Sajian Khas Sego Kucing dan Kopi Josss Pake Arang

15 - Dec - 2011 | 03:30 | kategori:Kuliner

Jogjakarta. Seputar Nusantara. Mengingat slogan Kota Yogyakarta, “Never Ending Asia”, rasanya tidak akan pernah berakhir perjalanan Anda di sini. Satu tempat spesial untuk menutup malam Anda di Yogyakarta adalah Angkringan Lik Man.

Mungkin, ada puluhan angkringan di sekitar Jalan Malioboro ataupun di sudut-sudut kota Yogyakarta. Berjalanlah ke utara dari arah Malioboro atau Stasiun Tugu hingga menemukan jalan kecil ke arah barat, kemudian berbelok. Anda akan menemukan Angkringan Lik Man tak jauh dari belokan, tepatnya di sebelah kiri jalan.

Cirinya, ada dua buah bakul yang dihubungkan dengan bambu, anglo dengan arang yang membara, serta deretan gelas yang ditata. Habiskanlah malam Anda di Angkringan Lik Man, tempat berkumpulnya para traveler, mahasiswa, anak muda atau pun orang-orang tua. Angkringan ini selalu dipenuhi oleh ide-ide brilian dari mahasiswa, cerita-cerita menarik dari setiap traveler dan bahkan tawa-tawa sumringah dari para orang tua.

Angkringan Lik Man menyajikan banyak makanan dan minuman khas Yogyakarta. Harganya memang jauh lebih murah dari harga makanan dan minuman di restoran mewah. Namun, kualitasnya dijamin tidak kalah lezat dan nikmat. Apalagi suasannya yang sangat bersahabat, berbeda dengan suasana yang kaku di restoran.

Makanan yang bisa Anda temukan di Angkringan Lik Man, yaitu sego kucing atau lebih dikenal dengan nama nasi kucing yang berlauk oseng tempe dan sambal teri, atau jadah bakar, makanan dari ketan yang dipadatkan berasa gurih. Menikmati sego kucing dalam keadaan yang hangat akan membuat suasana malam Anda menjadi lebih menyenangkan.

Minuman khas di Angkringan Lik Man dan menjadi favorit bagi traveler jika berkunjung ke Yogyakarta adalah kopi joss. Kopi joss dibuat dengan gula, kopi bubuk dan diseduh dengan air mendidih, lalu ditambahkan dengan arang panas. Saat arang panas dicelupkan, maka terdengarlah bunyi josss pada kopi Anda. Rasanya yang khas dan panas akan menemani Anda menikmati kota Yogyakarta di malam hari.

Kopi joss telah menjadi minuman khas Angkringan lik Man dari tahun 1960-an. Kopi ini berkhasiat menghilangkan penyakit seperti kembung, mules, dan telah menjadi obat sakit perut. Bahkan ada beberapa tokoh yang datang ke Angkringan Lik Man untuk mencoba sendiri kopi joss, yaitu Emha Ainun Nadjib, Bondan ‘Maknyuss’ Winarno, bahkan Butet Kertarajasa.

Dengan membawa uang Rp 10.000, sudah lebih dari cukup untuk menikmati sajian hangat dan berkhasiat dari kopi joss, mengisi perut dengan sego kucing, dan bercengkrama dengan teman baru. Tempat yang sempurna untuk menutup malam Anda di Yogyakarta. (Nggi)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kuliner | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.