Penanganan Demonstrasi Yang Manusiawi

Penanganan Demonstrasi Yang Manusiawi

24 - Dec - 2011 | 08:06 | kategori:Suara Anda

Jakarta. Seputar Nusantara. Demonstrasi merupakan hak warga negara Indonesia yang dilindungi oleh Undang- Undang. Demonstrasi merupakan ekspresi rakyat terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak sesuai dengan keinginan dan harapan rakyat. Demonstrasi sebagai wujud kritik rakyat terhadap pemerintah karena telah menyimpang dalam menjalankan roda pemerintahan.

Semestinya, aparat keamanan dalam menangani para demonstran, bisa bersikap lebih arif dan manusiawi. Demonstran yang tanpa senjata hanya bersuara dan bersikap, tidak perlu ditangani oleh aparat dengan rentetan tembakan yang membabi- buta. Demonstran adalah warga negara Indonesia yang seharusnya dilindungi oleh aparat keamanan.

Sebab, pendidikan, pelatihan dan senjata yang dipegang aparat keamanan adalah titipan dari rakyat. Pendidikan, Pelatihan dan senjata aparat keamanan didanai oleh uang rakyat melalui pajak dll…Rakyatlah yang mempunyai senjata secara hakiki, karena senjata tersebut dibeli dengan uang rakyat. Tapi mengapa kok justru senjata tersebut untuk membunuh rakyat? Kejadian mutakhir terjadi di Pelabuhan Sape, NTB. Demonstran ditembak aparat Polisi Brimob sehingga 2 rakyat tewas.

Seharusnya aparat keamanan lebih manusiawi lagi dalam menghadapi demonstrasi yang dilakukan oleh rakyat. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Suara Anda | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.