logo seputarnusantara.com

AS & Israel Akan Gelar Latihan Pertahanan Rudal

6 - Jan - 2012 | 06:39 | kategori:Internasional

Yerussalem. Seputar Nusantara. Amerika Serikat dan Israel akan menggelar latihan pertahanan rudal bersama. Latihan ini akan menjadi manuver gabungan terbesar antara kedua sekutu tersebut.

Meski latihan bersama itu bertepatan dengan meningkatnya ketegangan regional atas program nuklir Iran, namun militer Israel menegaskan bahwa latihan tersebut telah direncanakan sejak lama.

” Skenario latihan melibatkan event-event simulasi, khayalan serta sejumlah latihan medan dan tidak terkait dengan event nyata apapun di dunia,” demikian disampaikan militer Israel dalam pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (6/12/2012).

“Latihan ini yang merupakan bagian dari kemitraan strategis sejak lama, telah direncanakan sejak awal dan merupakan bagian dari siklus latihan rutin yang dirancang untuk memperbaiki interoperabilitas sistem pertahanan kami,” demikian statemen militer Israel.

Latihan itu diberi kode “Austere Challenge 12″. Namun tidak disebutkan kapan persisnya latihan bersama AS-Israel itu akan diadakan.

Hubungan Iran dengan AS dan Israel saat ini kian memanas. Terlebih setelah Iran mengancam akan menutup Selat Hormuz yang merupakan rute penting pengiriman minyak dunia jika negara-negara Barat benar-benar menjatuhkan sanksi baru atas program nuklirnya. Militer AS pun telah mengancam tak akan mentolerir jika Iran benar-benar menutup selat tersebut. (AFP/Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Internasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.