logo seputarnusantara.com

Pemerintah Thailand Kini Resmi Mengakui Negara Palestina Sebagai Sebuah Negara Berdaulat atau Merdeka

Pemerintah Thailand Kini Resmi Mengakui Negara Palestina Sebagai Sebuah Negara Berdaulat atau Merdeka

20 - Jan - 2012 | 14:21 | kategori:Internasional

Bangkok. Seputar Nusantara. Pemerintah Thailand kini resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Langkah ini disambut gembira oleh pemerintah Palestina yang berusaha memperkuat posisi internasional mereka di tengah konflik dengan Israel.

“Thailand secara resmi mengakui negara Palestina dan secara resmi memberitahu semua misi dan pengawas permanen untuk PBB di New York mengenai perkembangan ini,” demikian disampaikan pejabat pers untuk misi Thailand di PBB.

Di Ramallah, Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki menyambut pengumuman Thailand tersebut. “Pengakuan Thailand atas negara Palestina merupakan yang pertama di Tahun Baru 2012 dan merupakan prestasi untuk diplomasi Palestina,” kata al-Maliki kepada kantor berita Palestina, WAFA dan dilansir AFP, Jumat (20/1/2012).

Dikatakan Maliki, dengan pengumuman Thailand tersebut berarti sudah 131 negara yang mengakui negara Palestina.

Presiden Palestina Mahmud Abbas pun berterima kasih kepada Thailand atas pengakuan tersebut. “Presiden Mahmud Abbas berterima kasih pada raja dan pemerintah Thailand atas pengakuan resminya untuk negara Palestina,” demikian statemen Abbas.

Thailand telah lebih dulu mengakui Israel pada tahun 1954 lalu dan sejak lama terus menjalin hubungan yang baik dengan negara Yahudi. Thailand merupakan tujuan liburan yang populer bagi warga Israel. Kedua negara juga telah bekerja sama di bidang pertanian dan bidang-bidang lainnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Internasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.