logo seputarnusantara.com

Teh Buah Mawar Turunkan Tensi

Teh Buah Mawar Turunkan Tensi

22 - Jan - 2012 | 13:38 | kategori:Kuliner

Jakarta. Seputar Nusantara. Buah merah cantik ini biasanya tertinggal dalam perdu pohon mawar setelah mawar selesai berbunga. Sejak dulu dikenal khasiatnya. Riset terakhir menemukan buah ini sangat efektif menurunkan tensi dan kadar kolesterol tinggi.

Sejak berabad silam buah mungil yang dikenal dengan nama ‘rose hip’ ini dipakai untuk mengobati rasa ngilu dan peradangan. Pasien obesitas yang minum teh dari buah yang dibuat bubuk ini dalam 6 minggi mengalami penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol secara drastis.

Buah mawar ini warnanya merah cantik berbentuk bulat panjang. Dikenal sangat kaya akan vitamin C karena itu sangat baik sebagai antioksidan dan kekebalan tubuh. Pada penelitian tahun 2007 pada pasien yang menderita radang sendi dan diberi kapsul rose hip mengalami penurunan rasa sakit 40% dan 25% bisa bergerak lagi.

Riset terakhir yang dipublikasi di European Journal of Clinical Nutrition, ilmuwan di Lund University Swedia meneliti 31 wanita dan pria yang mengalami obesitas. Mereka diberi kapsul rose hip tiap hari dan dilihat pengaruhnya pada resiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Mereka diberi minum larutan 40 g rose hip bubuk selama 6 minggu, setelah itu diberi minuman dari apel dan anggur selama 6 minggu. Setelah 6 minggu minum larutan rose hip tekanan darah mereka turun rata-rata 3.4% dan total kolesterol turun hingga 5%.

Dalam tes lanjutan ditemukan penurunan 6% kadar LDL (kolesterol jahat) yang memicu serangan jantung. Peneliti menyatakan, penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol akan mengurangi resiko serangan jantung hingga 17%. Jika dalam penelitian lanjutan khasiat ini terbukti maka rose hip bisa dipakai sebagai terapi alternatif untuk pasien yang tak bisa minum obat antikolesterol karena efek sampingnya. (Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kuliner | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.