logo seputarnusantara.com

Akreditasi Halal Bawa Pakistan ke Pasar Halal Global

Akreditasi Halal Bawa Pakistan ke Pasar Halal Global

10 - Feb - 2012 | 02:20 | kategori:Kuliner

Jakarta. Seputar Nusantara. Meski baru diluncurkan akhir bulan Januari 2012 lalu, Dewan Akreditasi Nasional Pakistan (PNAC) telah mengambil sebuah langkah besar. Dewan tersebut pun berjanji lewat Akreditasi Halal, produk halal Pakistan akan segera melenggang ke pasar global.

Muhammad Zubair Mughal, Chief Executive Officer dari Halal Research Council negara Pakistan menegaskan hal itu dalam pernyataannya lewat seminar halal yang berlangsung di Lahore. Menurutnya langkah pertama yang akan dilakukan oleh Dewan Akreditasi Nasional Pakistan (PNAC) dan Menteri Negara Sains dan Teknologi adalah memperkenalkan produk halal Pakistan secara global.

Sebelumnya selama ini PHCA mengalami banyak kendala, karena tidak adanya Akreditasi Halal dengan level nasional dan internasional yang berlaku di Pakistan. Karena itu pula Pakistan menghadapi propaganda internasional yang berbeda. Namun untungnya Pakistan memiliki imej sebagai negara religius di kalangan masyarakat internasional. Kini dengan adanya akreditasi ini mendorong produk-produk halal Pakistan lebih diakui lagi, baik di mata nasional maupun internasional.

Mughal juga menambahkan bahwa Akreditasi Halal tidak hanya dapat meningkatkan ekspor produk halal seperti daging, dairy, minuman, dan bumbu-bumbu. Melainkan juga produk-produk halal lainnya seperti kosmetik halal, bahan-bahan kimia, gelatin, obat-obatan, dan pariwisata halal. Menurutnya, Badan Standarisasi dan Kontrol Kualitas di Pakistan juga telah mengeluarkan dua standar sehubungan dengan akreditasi halal.

Halal Research Council juga berada di bawah Joint Stock Company Act (1860) yang utamanya bekerja untuk badan sertifikasi halal, riset dan edukasi, training, dan konsultan. Dimana fungsinya sebagai penyedia jasa sertifikasi halal di Malaysia, Italia, Inggris, Filipina, dan Mauritius. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kuliner | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.