logo seputarnusantara.com

Hati- Hati Konsumsi Susu Mentah, Bisa Timbulkan Penyakit

Hati- Hati Konsumsi Susu Mentah, Bisa Timbulkan Penyakit

28 - Feb - 2012 | 02:28 | kategori:Kuliner

Jakarta. Seputar Nusantara. Susu merupakan minuman yang kaya nutrisi. Karena sejumlah zat gizi penting terkandung dalam minuman ini. Namun, sebuah laporan penelitian baru menunjukkan bahwa minum susu mentah bisa memicu beberapa penyakit.

Para peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention merilis sebuah studi yang menunjukkan bahwa resiko terkena penyakit akibat minum susu mentah bisa mencapai 150 kali lebih tinggi dibandingkan minum susu yang sudah dimasak.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa di negara-negara yang menjual susu mentah secara legal, warganya terkena wabah penyakit karena makanan dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan negara yang menjual susu mentah secara ilegal. Seperti yang dilaporkan Bloomberg Businessweek, sebanyak 20 negara saat ini melarang penjualan susu mentah.

Temuan ini dikumpulkan dari sebuah data konsumsi susu yang dikaitkan dengan wabah pada tahun 1993 hingga 2006. selama jangka waktu tersebut, ada 121 wabah penyakit dengan 60 persen dari mereka mengkonsumsi susu mentah.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sebanyak 13 persen orang yang minum susu mentah menjalani rawat inap akibat wabah penyakit. Sedangkan yang minum susu matang hanya 1 persen yang menjalani rawat inap terkait wabah penyakit akibat susu.

Para peneliti mengatakan bahwa peningkatan jumlah pasien rawat inap diakibatkan karena terkena bakteri E-Coli O157 yang ada pada susu dan dapat mengakibatkan penyakit yang lebih parah. Seperti bakteri Norovirus dan Staphylococcus aureus adalah bakteri penyebab paling umum dari wabah susu mentah dan bisa mengakibatkan infeksi ringan pada pencernaan.

Dr Barbara Mahon, MD, MPH, seorang peneliti dan wakil kepala Cabang DFWED enterik CDC Epidemiologi, mengatakan “Sementara beberapa orang berfikir bahwa susu mentah memiliki manfaat kesehatan yang lebih dibandingkan susu yang dimasak, penelitian ini justru menunjukkan bahwa susu mentah memiliki resiko yang besar terhadap wabah penyakit terutama untuk anak-anak yang lebih mudah terserang bakteri.”

Seperti yang dilansir The Los Angeles Times, susu yang dimasak atau didihkan akan membunuh patogen, seperti bakteri E-Coli dan salmonella yang menyebabkan keracunan makanan. Tapi para pencinta susu mentah menyatakan, bahwa pemanasan susu juga akan membunuh zat-zat penting dalam susu seperti protein dan enzim yang baik untuk sistem pencernaan.

The Los Angeles Times juga melaporkan bukti dalam beberapa jurnal yang menunjukkan bahwa konsumsi susu mentah beresiko rendah terkait terjadinya alergi dan eksim. Namun pada penelitian yang sudah dicatat dalam jurnal telah menunjukkan efek sebaliknya. (Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kuliner | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.