logo seputarnusantara.com

Mitt Romney, Kandidat Capres AS Partai Republik

Mitt Romney, Kandidat Capres AS Partai Republik

7 - Mar - 2012 | 02:18 | kategori:Internasional

Washington. Seputar Nusantara. Kandidat terkuat calon presiden (capres) dari Partai Republik, Mitt Romney, tengah menunggu takdirnya dalam pemilihan pendahuluan di 10 negara bagian, pada 6 Maret waktu setempat atau yang juga disebut ‘Super Tuesday’. Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pun menyampaikan doanya bagi calon saingannya dalam Pilpres mendatang.

“Semoga beruntung, malam ini,” ujar Obama sembari tertawa dalam konferensi pers di Gedung Putih, seperti dilansir AFP, Rabu (7/3/2012).

Saat itu, Obama dimintai tanggapan oleh wartawan atas komentar mengejek yang pernah dilontarkan Romney kepadanya. Romney menyebut Obama sebagai presiden AS ‘terlemah’ setelah Jimmy Carter pada tahun 1970-an, karena berpikir bahwa ‘harapan’ mampu membantu kebijakan luar negeri AS dalam menghadapi nuklir Iran.

Terhadap jawab Obama tersebut, wartawan pun kembali bertanya, “Sungguh?”
“Sungguh,” jawab Obama dengan berseri-seri.

Lebih lanjut, Obama mengkritisi pernyataan-pernyataan politisi Republik, termasuk Romney, yang dianggapnya hanya ‘omong besar’ dan ‘menggertak’ dengan menyebut aksi militer terhadap Iran merupakan cara tepat untuk memusnahkan program nuklirnya. Menurut Obama, mereka hanya omong belaka tanpa berpikir dan tanpa mempertimbangkan biaya yang akan ditanggung AS dalam hal tersebut.

” Jika memang orang-orang ini berpikir bahwa inilah saatnya untuk berperang, maka mereka akan berkata demikian. Mereka seharusnya menjelaskan kepada rakyat Amerika mengapa mereka melakukannya dan apa konsekuensi yang akan didapat. Semua ini kan hanya omongan belaka,” tutur Obama.

“Anda tahu, orang-orang ini tidak memiliki tanggung jawab besar. Mereka kan bukan panglima tertinggi,” imbuhnya.

Obama sengaja menggelar konferensi pers ini diduga sengaja untuk ‘mencuri’ sedikit perhatian di tengah-tengah sorotan kepada kandidat-kandidat Capres Partai Republik yang tengah bertarung memperjuangkan suara di 10 negara bagian dalam pemilihan pendahuluan ‘Super Tuesday’ yang masih berlangsung.

‘Super Tuesday’ adalah pemilihan pendahuluan atau kaukus serentak Partai Republik di 10 negara bagian AS pada Selasa, 6 Maret waktu setempat, yang bisa jadi menentukan siapa yang akan melawan Presiden Barack Obama dari partai Demokrat dalam pemilu 6 November mendatang. ‘Super Tuesday’ akan serempak digelar di Alaska, Georgia, Idaho, Massachusetts, North Dakota, Ohio, Oklahoma, Tennessee, Vermont, dan Virginia. (AFP/Anggi)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Internasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.