logo seputarnusantara.com

10 Partai Politik Peserta Pemilu Bakal Kebanjiran ‘Kutu Loncat’

10 Partai Politik Peserta Pemilu Bakal Kebanjiran ‘Kutu Loncat’

10 - Jan - 2013 | 10:25 | kategori:Politik

Jakarta. Seputar Nusantara. Beberapa partai kontestan Pemilu 2009, tapi tidak lolos di Pemilu 2014 masih memiliki anggota yang duduk kursi DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Keputusan KPU yang hanya meloloskan 10 parpol secara langsung akan berimbas pada ‘hijrahnya’ politisi daerah ke 10 parpol peserta pemilu.

“Tentu 10 partai yang lolos akan kebanjiran kutu loncat,” ujar pengamat politik, Burhanuddin Muhtadi, Rabu (9/1/2013) malam. Alasan cukup sederhana, karena para politisi itu tidak memiliki kendaran politik lagi. “Jadi 10 parpol ini betul-betul panen politik,” terangnya.

Burhanuddin menyebutkan, posisi tawar para caleg yang partainya tidak lolos pemilu 2014, tergantung pada dua hal. Pertama, memiliki daya tawar elektoral dan kedua adalah memiliki finansial yang besar. “Punya daya elektoral jika punya elektabilitas yang baik maka itu akan mudah diterima,” kata Burhanuddin.

Kepemilikan sumber finansial yang besar, juga akan dapat dijadikan pertimbangan untuk masuk ke dalam partai baru. Burhanuddin menyebut tingkah laku itu sebagai hal yang wajar. “Tidak ada idelologi partai, yang ada hanya kepentingan. Kalau partainya tidak bisa dipakai, maka di cari kendaraan lain,” jelasnya.

Berikut 10 Partai Politik yang lolos verifikasi dan ditetapkan sebagai peserta pemilu 2014: 1. PDI Perjuangan 2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 4. Partai Amanat Nasional (PAN) 5. Partai Golkar 6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 7. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 8. Partai Demokrat (PD) 9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 10. Partai Nasional Demokrat (Nasdem). (Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Politik