logo seputarnusantara.com

1 Kambing Ettawa = 2 Sedan Honda Civic

31 - Mar - 2010 | 06:33 | kategori:Ekonomi

EttawaTulung Agung. Seputar Nusantara. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninjau desa sentra peternakan dan pembiakan kambing ettawa di desa Karangsono, Tulung Agung, Jawa Timur. Kambing ettawa merupakan varietas unggulan yang harganya per ekor bisa mencapai ratusan juta rupiah. “Yang ini namanya Duta Erlangga, dia juara nasional dan harganya Rp 650 juta,” papar Pak Odot, tentang salah seokor kambing ettawa miliknya, Rabu (31/3/2010).

Harga satu ekor kambing yang sama senilai dua unit sedan Honda Civic itu menurut Pak Odot adalah harga yang pantas. Kambing peranakan ettawa memang lebih menyasar pasar hobby dan bukan untuk keperluan konsumsi.

Fisik kambing ettawa amat jauh berbeda dari kambing biasa. Bentuk mukanya cembung, telinganya panjang, di leher ada gelambir mirip sapi, berat badan mencapai 30-an kilogram dan tinggi badan berkisar 1,2 meter.

Bagian paling khas adalah uraian bulu panjang di bagian kepala hingga leher dan paha belakang. Tidak seperti domba, tetapi justru mirip bulu anjing.

Uniknya lagi kambing ettawa ini tidak mengeluarkan suara mengembik, tapi lebih mirip gabungan melenguh dan meraung. Lebih dari itu kambing jenis ettawa tidak mengeluarkan bau lengur khas kambing.

“Kalau mau buat qur’ban ya mending beli sapi satu pasar, itu masih dapat uang kembalian,” ujar Pak Odot yang merupakan perintis ternak kambing ettawa di Tulung Agung.

Tapi bukan berarti kambing ettawa cuma untuk kolektor dan tidak punya nilai ekonomis semasa hidup. Salah satu produk unggulannya adalah susu kambing yang punya nilai gizi dengan kandungan protein dan kalsium yang sangat tinggi.

“Hasil penelitian di AS gizinya setara ASI lho. Harga per liter Rp 30 ribu dan satu kambing bisa menghasilkan susu per hari sampai 2 liter,” jelas Pak Odot. ( dtc ).

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Ekonomi | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.