FITRA : Pemerintah Kabupaten/Kota Masih Miskin Informasi Anggaran

FITRA : Pemerintah Kabupaten/Kota Masih Miskin Informasi Anggaran

30 - Sep - 2013 | 13:33 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) merilis data keterbukaan informasi anggaran di tingkat pemerintah kabupaten kota. Hasilnya pemda masih banyak yang tertutup soal anggaran yang bisa diketahui oleh publik.

“Mayoritas Pemda masih menganggap tabu informasi anggaran. Hal ini terlihat dari minimnya pemda yang mempublikasikan dokumen-dokumen anggaran melalui website,” kata Koordinator Advokasi Seknas FITRA Maulana, Minggu (29/9/2013).

Berdasarkan hasil penelusuran Seknas FITRA pada awal bulan September di 193 website pemerintah daerah (kabupaten/kota) yang tersebar di 9 propinsi, Pemda yang mempublikasikan informasi anggaran masih di bawah 25%.

“Informasi anggaran tidak dipublikasikan secara berkala setiap tahun. Mayoritas daerah hanya mempublikasikan dokumen anggaran pada tahun tertentu saja. Misalnya satu daerah mempublikasikan anggaran pada tahun 2012, tetapi tidak mempublikasikannya kembali pada tahun 2013,” paparnya.

Pemda juga dinilai pilih-pilih dokumen anggaran yang ingin dipublikasikan. Misalnya, Perda APBD yang telah ditetapkan lebih terbuka dibandingkan dengan Rancangan Perda APBD. Lalu APBD perubahan lebih tertutup dibandingkan dengan APBD Murni.

“Akibat tertutupnya pemerintah daerah atas informasi anggaran tersebut, berpotensi membuat keuangan daerah dirugikan karena rendahnya pengawasan publik,” ucap Maulana. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline