logo seputarnusantara.com

Beras Untuk Korban Banjir Poso Cukup

23 - Mei - 2010 | 03:06 | kategori:BUMN

BulogPoso. Seputar Nusantara. Cadangan beras yang dialokasikan pemerintah untuk korban bencana alam di Poso Sulawesi Tengah cukup dan dapat diambil di gudang Bulog di daerah masing-masing. Setiap tahun pemerintah mengalokasikan beras untuk korban bencana alam sekitar 100 ton, kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum BULOG Divre Sulteng, Makkeng Ali di Palu, Jumat.

Ia mengatakan, cadangan beras itu, termasuk untuk kebutuhan korban banjir di sejumlah desa di Kabupaten Poso yang beberapa hari lalu diterjang banjir, menyusul tingginya curah hujan di wilayah itu.

Curah hujan yang tinggi telah menyebabkan Sungai dan Danau Poso meluap hingga merendam sejumlah desa di sekitarnya.

Menurut dia, stok beras dijamin mencukupi kebutuhan masyarakat, termasuk cadangan untuk kebutuhan para pengungsi banjir di empat wilayah Kecamatan yaitu Poso Kota, Poso Kota Selatan, Pamona Utara, dan Pamona Barat.

Ia mengakui, Sub Divre BULOG Poso beberapa hari lalu telah mendistribusikan bantuan beras sekitar tiga ton kepada para korban banjir di Kecamatan Poso Kota dan Poso Kota Selatan.

BULOG setempat juga akan menyalurkan bantuan beras bagi warga korban banjir di Kecamatan Pamona Utara dan Pamona Barat di pengungsian

Meski realisasi pengadaan beras musim panen 2010 ini baru sekitar 1.500 ton dari target 10.000 ton, namun Makkeng menjamin tidak akan kekurangan stok, sebab sewaktu-waktu bisa mendatangkan pasokan beras dari luar Sulteng.

“Kalau pengadaan kecil dan tidak mencapai target, otomatis untuk mengamankan stok tidak ada jalan lain, kecuali meminta pasokan dari luar daerah seperti Sulsel” ujarnya.

Kebijakan itu semata-mata dilakukan Bulog agar stok beras yang selama ini diperuntukan bagi warga miskin dan cadangan bencana alam di Sulteng tersedia dalam jumlah memadai.

“Tapi kita tetap optimistis pengadaan terpenuhi sesuai dengan target yang ditetapkan BULOG.” ( ant/ Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: BUMN | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.