logo seputarnusantara.com

Azam Azman Natawijana : RAPBN 2015 Hampir Rp 2 T, Capaian Bagus SBY

Azam Azman Natawijana : RAPBN 2015 Hampir Rp 2 T, Capaian Bagus SBY

Ir. H. Azam Azman Natawijaya, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat

20 - Agu - 2014 | 13:41 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015 dan Nota Keuangannya. Pidato RAPBN tahun ini merupakan yang terakhir bagi Presiden SBY sebagai kepala negara.

Seiring dengan hal itu, suasana penyusunan RAPBN 2015 pun menjadi berbeda. Pemerintahan SBY menyusun RAPBN yang akan dijalankan oleh pemeintahan baru hasil pemilihan presiden (pilpres) 2014.

Menurut Ir. H. Azam Azman Natawijana, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, bahwa RAPBN 2015 itu sudah sangat bagus. Karena pada saat SBY pertama menjadi Presiden pada tahun 2004, APBN hanya Rp 487 Triliun, namun pada RAPBN 2015 mengalami peningkatan yang sangat drastis hingga Rp 1.876 Triliun lebih. Artinya semenjak Presiden SBY menjabat tahun 2004 hingga sekarang, APBN kita mengalami peningkatan hingga lebih dari 4 kali lipat.

” RAPBN 2015 yang hampir 2.000 Triliun ini merupakan capaian pemerintah yang sangat bagus. Salah satu indikator peningkatan kesejahteraan rakyat adalah, pada Lebaran Idul Fitri tahun 2014 ini, ada jutaan orang yang mudik ke kampung halamannya. Dari tahun ke tahun ada peningkatan jumlah pemudik, ini salah satu indikator bahwa ekonomi membaik,” ungkap Azam kepada seputarnusantara.com di Gedung Komisi VI DPR- Senayan, pada Selasa 19 Agustus 2014.

Menurut Azam, para pemudik ada yang menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara. Semua mengalami peningkatan jumlah pemudik, itu merupakan indikasi awal peningkatan kesejahteraan rakyat, disamping indikasi- indikasi lain yang menunjukkan keberhasilan ekonomi.

” Presiden SBY kan memberikan landasan untuk ke depan. Keberhasilan pemerintahan itu tidak bisa dilihat hanya dalam jangka waktu 5 atau 10 tahun saja. Perencanaannya butuh waktu yang panjang, karena masalah anggaran itu bisa direncanakan dalam waktu 15, 20 atau 25 tahun. Landasan pembangunan sudah dilakukan oleh pemerintahan SBY dan harus dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya,” terang Politisi Partai Demokrat ini.

Azam lebih jauh menjelaskan, bahwa RPJM (rencana pembangunan jangka menengah) dan RPJP (rencana pembangunan jangka panjang) yang telah dicanangkan oleh Presiden SBY, harus dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya. Jangan sampai diganti, namun justru harus diteruskan dan dikembangkan sesuai kemajuan zaman.

” Memang GBHN sudah dirubah menjadi RPJM dan RPJP. Itu merupakan pengganti dari GBHN, namun bukan berarti pemerintah tidak punya rencana. Pemerintah punya rencana yang dituangkan dalam visi dan misinya serta dalam RPJM dan RPJP. Oleh karena itu, kita harus mendukung program- program pemerintah,” tegas Azam.

Menurutnya, kalau program pemerintahan SBY dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya, maka kesejahteraan rakyat akan semakin terwujud nyata. Karena program tersebut harus dijalankan secara berkesinambungan. Demikian juga dengan program Presiden SBY yang sudah sangat bagus, pemerintahan berikutnya harus melanjutkan.

” Anggaran Pendidikan lebih dari 20%, kemudian anggaran Infrastruktur, dan anggaran Pertahanan dan Keamanan serta Kesehatan yang mendapatkan porsi sangat besar, karena itu merupakan dasar untuk membuat rakyat sejahtera. Karena pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM, dan Infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi, sehingga menimbulkan ekonomi biaya rendah jika infrastrukturnya bagus,” tegas Azam.

” Kemudian Kesehatan untuk peningkatan kualitas manusia Indonesia agar selalu sehat. Sedangkan Pertahanan dan Keamanan untuk menjaga wilayah Indonesia dari serangan luar maupun dalam negeri. Supaya dunia tahu, bahwa Indonesia selalu siap siaga menjaga wilayah NKRI,” pungkas Azam Azman Natawijana di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

satu komentar untuk “Azam Azman Natawijana : RAPBN 2015 Hampir Rp 2 T, Capaian Bagus SBY”

  1. Kenneth Says:
    Agustus 23rd, 2014 at 19:24

    .

    good….

Tulisan dengan Kategori Headline