logo seputarnusantara.com

Jokowi : Masa Indonesia Bisa Buat Pesawat Tapi Tidak Mampu Buat Mobil

Jokowi : Masa Indonesia Bisa Buat Pesawat Tapi Tidak Mampu Buat Mobil

Jokowi, Presiden RI 2014- 2019 Terpilih

19 - Sep - 2014 | 13:48 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Presiden terpilih Ir. H. Joko Widodo menyayangkan sampai saat ini tidak ada mobil buatan dalam negeri. Dia membandingkan dengan pencapaian pembuatan pesawat yang bisa dilakukan putra-putra terbaik bangsa.

” Kita sudah berapa tahun merdeka? Masa buat pesawat aja bisa tapi mobil nggak? Logikanya itu bagaimana??,” kata Joko Widodo di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Jumat (19/9/2014).

Ia mengatakan selama ini produksi mobil di Indonesia kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Indonesia bukan tak bisa membuat mobil. Hal ini terlihat dari mobil Esemka yang dulu diperkenalkannya saat masih jadi Walikota Solo. Namun, regulasi yang sulit menjadi kendala perkembangan mobil-mobil produksi dalam negeri.

” Itu problemnya. Oleh sebab itu keberpihakan pemerintah harus ada,” ujarnya. Menurutnya untuk mengembangkan dunia otomotif dalam negeri harus menjadi tujuan seluruh stake holder. Pemerintah sebagai pemegang regulasi, BUMN dan BUMD sebagai pihak produsen.

Saat disinggung mobil LCGC yang banyak dilirik para pengemudi, Jokowi hanya tersenyum. Pasalnya, saat mobil tersebut diluncurkan tahun lalu, Jokowi dan Ahok menjadi pihak yang paling keras menolak, karena akan membuat jumlah kendaraan pribadi meningkat di Jakarta.

“Saya nggak jualan LCGC loh,” ucapnya sambil tersenyum. Terkait sulitnya mobil produksi dalam negeri, saat menjadi pembicara di seminar LIPI, Jokowi sempat menyinggung mobil Esemka yang dulu diperkenalkannya. Menurutnya, langkahnya menggunakan mobil buatan salah satu SMK Solo itu hanya untuk mendukung penelitian para siswa.

” Saya hanya jadi brand ambassador. Yang bekerja ya anak-anak yang di lapangan. Tapi kalau yang ngetop saya, bukan salah saya. Tapi hal itu yang harus digarap. Hasil-hasil riset dan penelitian terus bisa diperbarui,” ucap Jokowi di kantor LIPI, Selasa (16/9) lalu. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline