logo seputarnusantara.com

H. Totok Daryanto : Parlemen Yang Kritis Justru Dapat Selamatkan Pemerintah

H. Totok Daryanto : Parlemen Yang Kritis Justru Dapat Selamatkan Pemerintah

H. Totok Daryanto, SE., Anggota Fraksi PAN DPR RI

20 - Okt - 2014 | 20:57 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Sikap yang ditunjukkan oleh Prabowo Subianto yang ditujukan ke Jokowi, merupakan sikap seorang Negarawan sejati dan smoga itu dapat menghilangkan praduga dari masyarakat bahwa hubungan politik antara pemerintah dan Parlemen akan bersifat destruktif. Mudah- mudahan kesan itu bisa hilang.

Hal tersebut disampaikan oleh H. Totok Daryanto, SE., Anggota Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional) DPR RI. Menurutnya, sebenarnya dari KMP (Koalisi Merah Putih) ingin proses demokrasi berjalan dengan baik, check and balances berjalan dengan bagus dan hubungan antara pemerintah dan DPR itu dalam posisi : DPR dapat menjalankan seluruh fungsinya dan diharapkan pemerintah juga dapat menjalankan program- program yang sudah dijanjikan oleh Presiden baru.

” Sehingga hubungan Parlemen dan pemerintah bisa saling menguatkan. Dukungan Parlemen itu pada sikap kritisnya, yaitu Parlemen yang selalu mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat. Parlemen yang hanya ‘Yes Man’ dan cuek terhadap pemerintah, justru itu Parlemen yang menjerumuskan dan menjatuhkan pemerintah,” ungkap Totok Daryanto kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan, pada Senin 20 Okrtober 2014.

Totok Daryanto memaparkan, Presiden dalam menjalankan roda pemerintahan, justru menginginkan para Menterinya membantu menjalankan pemerintahan dengan baik. Pemerintah bisa baik jika Parlemen menjalankan fungsinya dengan benar, yakni fungsi Legislasi, Anggaran dan Pengawasan. Jadi seharusnya dimaknai seperti itu, bahwa kita ingin Parlemen yang kritis terhadap pemerintah demi kemajuan.

” Sikap Pak Prabowo yang akan mendukung pemerintahan Jokowi dan siap mengkritik, karena menurut Prabowo dengan mengkritik pemerintah justru ingin menyelamatkan pemerintah dari keterjerumusan. Jadi sikap kritis Prabowo tersebut, tidak hanya menyelamatkan pemerintahan Jokowi, namun juga bisa menyelamatkan bangsa Indonesia,” tegas Politisi PAN ini.

Sekarang ini, lanjutnya, diperlukan pemerintahan yang kuat dan Parlemen yang kuat juga. Jadi kedua- duanya harus sama- sama kuat dan bekerja se-optimal mungkin untuk kepentingan rakyat. Itu yang dibutuhkan bangsa Indonesia ke depan. Sistem kepartaian yang muncul sekarang ini memang sudah lebih bagus.

” Indonesia sedang mengalami sistem demokrasi yang berbeda dengan masa- masa sebelumnya. Dulu tidak jelas siapa yang memerintah dan siapa yang memimpin Parlemen. Kalau di negara maju itu jelas siapa yang memerintah dan siapa oposisi. Sekarang ini dengan pengelompokan besar yaitu KMP (Koalisi Merah Putih) dan KIH (Koalisi Indonesia Hebat), sebenarnya politik kita menjadi sehat. Karena ada pemerintah yang berkuasa (KIH) dan oposisi besar di Parlemen (KMP),” terang Totok daryanto dengan tegas.

Totok daryanto selanjutnya menjelaskan, sebenarnya Pemilu baik Pileg maupun Pilpres merupakan batas akhir sebuah kompetisi politik dan itu sudah terjadi. Kemudian sekarang pemerintah dari KIH dan Parlemen dikuasai KMP, sebenarnya ini seperti sistem demokrasi modern dan ini sangat positif.

” Dengan sikap Pak Prabowo yang sudah komunikasi dan ketemu dengan Pak Jokowi, maka ketegangan politik menjadi cair. Saya yakin masyarakat percaya politik ke depan akan berjalan dengan sehat. Saya berpesan kepada Jokowi-JK, agar bisa mencari titik temu agar dapat menjalin hubungan baik dengan Parlemen. Seperti contohnya UU Desa, ini bisa jadi jembatan komunikasi dengan Parlemen dan rakyat, ini bisa jadi pintu masuk Jokowi untuk dekat dengan Parlemen dan rakyat,” pungkas Totok daryanto di penghujung wawncara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline