logo seputarnusantara.com

Filosofi Jawa Presiden Jokowi di Tengah- Tengah Kemelut Antara KPK Vs Polri

Filosofi Jawa Presiden Jokowi di Tengah- Tengah Kemelut Antara KPK Vs Polri

Jokowi, Presiden RI

26 - Jan - 2015 | 21:22 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Presiden Jokowi tengah mencoba menyelesaikan konflik dua lembaga yang menjadi garda terdepan penegakan hukum di Indonesia. Ada tekanan besar yang dihadapinya dalam menyelesaikan konflik ini. Namun Jokowi tak kehilangan ciri khasnya, tetap tenang dan berpegangan pada filosofi Jawa.

“Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti…” demikian status laman Facebook resmi Presiden Jokowi yang dikutip, Senin (26/1/2015).

Status itu ditulis Minggu (25/1) pukul 16.00 WIB kemarin, beberapa jam sebelum menggelar jumpa pers soal konflik KPK vs Polri. Apa maksud filosofi itu?

Arti filosofi itu yaitu segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati, dan sabar. Belum jelas benar apa maksud Jokowi menulis filosofi Jawa tersebut.

Namun memang saat ini Presiden Jokowi di posisi serba sulit. Sudah diketahui secara luas Presiden Jokowi mendapat tekanan dari partainya untuk menjadikan Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri. Pencalonan Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri itulah yang disebut menjadi pangkal konflik baru antara KPK vs Polri.

Pencalonan Komjen Budi mendapat penolakan dari publik. Terlebih setelah mantan ajudan Megawati itu ditetapkan jadi tersangka oleh KPK, gelombang penolakan makin besar.

Status tersangka Komjen Budi diduga menjadi pemicu rangkaian kemelut selanjutnya: serangan buka-bukaan Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ke Ketua KPK Abraham Samad; penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Bareskrim Polri; dan laporan untuk Wakil Ketua KPK Zulkarnaen.

Rakyat pun bergerak, menuntut Presiden Jokowi mengambil sikap tegas. Pidato pertama Jokowi menyikapi konflik itu menuai kritik, dianggap kurang tegas. Dalam pidato keduanya, Presiden Jokowi meminta KPK dan Polri menghentikan kriminalisasi.

Pidato kedua tersebut menuai beragam reaksi, ada yang mengapresiasi, ada yang tetap mengkritik. Ada yang menganggap sikap tenang Presiden belum menunjukkan ketegasan. Tapi bisa jadi memang Jokowi mengambil sikap tenang karena memegang filosofi ‘Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti’. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline