logo seputarnusantara.com

DR. Bahrum Daido : Pemerintah Harus Realisasikan Dana Desa Rp 1,4 Miliar

DR. Bahrum Daido : Pemerintah Harus Realisasikan Dana Desa Rp 1,4 Miliar

DR. Ir. H. Bahrum Daido, M. Si., Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat

16 - Feb - 2015 | 15:19 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Mulai bulan April 2015 rencananya pemerintah akan mulai mengucurkan dana desa. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Ja’far menyatakan bahwa proses penyaluran akan dilakukan secara bertahap.

“Mulai April disalurkan ke desa-desa. Bertahap, tidak langsung segitu (Rp 1,4 miliar). Ada yang awal dikasih Rp 700 (juta) ada yang Rp 600 (juta) ada yang berapa. Nanti bertahap hingga jadi total segitu,” kata Marwan, Jumat (6/2/2015).

Sedangkan menurut DR. Ir. H. Bahrum Daido, M. Si., Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, bahwa ada sekitar 74 ribu desa di Indonesia yang harus diurus oleh pemerintah. Presiden dan Kementerian terkait dengan desa, harus terus fokus mengurus desa.

” Tahun ini, pemerintah mengalokasikan sekitar Rp 20 triliun atau naik Rp 11,9 triliun dari alokasi sebelumnya Rp 9,1 triliun. Sekitar 74 ribu desa akan mendapat alokasi antara Rp 200 juta sampai dengan Rp 250 juta/ tahun sesuai dengan kondisi geografis, demografis, dan sosial ekonomi desa tersebut. Selain dana desa dari pusat, desa juga mendapatkan alokasi dari kabupaten,” ungkap Bahrum Daido kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan, pada Senin 16 Februari 2015.

Bahrum Daido menekankan, anggaran untuk desa yang dijanjikan oleh pemerintah sebesar Rp 1,4 Miliar/ Desa/ Tahun, harus direalisasikan. Memang untuk tahun ini, anggaran desa turun secara bertahap. Tahap pertama kurang lebih Rp 200- 250 juta/ desa di seluruh Indonesia.

” Menurut keterangan dari Kementerian Desa, Insya Allah pada akhir tahun ini, kalau tidak ada halangan, akan dipenuhi anggaran Rp 1,4 Miliar/ desa/ tahunnya. Kami sebagai anggota DPR berharap kepada pemerintah agar janji- janji politik yang dilontarkan oleh Bapak Presiden beberapa waktu yang lalu, itu harus dipenuhi. Karena masyarakat desa di seluruh Indonesia sangat mengharapkan alokasi dana sebesar itu untuk membangun infrastruktur yang ada di desa,” terang Politisi Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut Bahrum Daido menjelaskan, karena hampir semua desa yang ada di Indonesia itu, dominan masih sangat tertinggal. Oleh karena itu, dana desa sebesar Rp 1,4 Miliar/ tahun tiap desa, sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk membangun.

” Sekali lagi, kami dari Fraksi Partai Demokrat sangat berharap adanya bantuan pemerintah untuk membangun desa- desa di Indonesia, dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di pedesaan, itulah harapan- harapan kami sebagai Wakil Rakyat,” pungkas Bahrum Daido di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline