logo seputarnusantara.com

Linda Megawati, SE., M.Si. : Kemensos & BNPB Harus Sinergi Tangani Bencana

Linda Megawati, SE., M.Si. : Kemensos & BNPB Harus Sinergi Tangani Bencana

Linda Megawati, SE., M. Si., Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat

18 - Feb - 2015 | 15:25 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Akhir- akhir ini Indonesia sering dilanda musibah bencana alam. Mulai dari tanah longsor, gunung meletus, banjir, angin puting beliung hingga gempa bumi.

Bencana alam memang tidak dikehendaki oleh manusia, tetapi kalau itu sudah terjadi maka penanganan bencana harus segera dilakukan. Pemerintah sebagai pemegang mandat rakyat untuk mengelola negara dan mengurus rakyat, sudah barang tentu merupakan pihak yang harus bertanggungjawab dalam rangka penanganan bencana.

Menurut Linda Megawati, SE., M. Si., Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, bahwa pemerintah dalam hal ini Kemensos (Kementerian Sosial) dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) harus berkoordinasi dalam rangka penanganan bencana alam. Sebab dua Lembaga tersebut merupakan pihak yang paling terkait dengan masalah bencana.

” Kami sudah bicara di Komisi VIII DPR RI agar koordinasi antara Kemensos dan BNPB harus bagus. Kalau dua Lembaga tersebut koordinasinya baik, saya yakin penanganan bencana alam juga akan cepat dilakukan. Kami menegaskan kepada dua Lembaga itu agar sinergi menangani bencana,” ungkap Linda Megawati kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Rabu 18 Februari 2015.

Linda Megawati lebih lanjut menjelaskan, bahwa komunikasi antara Kemensos, BNPB dan BPBD (Badan Penanganan Bencana Daerah) harus intensif. Sebab, kalau tidak ada informasi yang cepat dari daerah yang mengalami bencana alam, maka respon dari Kemensos dan BNPB juga akan lambat. Oleh karena itu, setiap daerah sebaiknya mempunyai BPBD agar bisa segera melakukan komunikasi dan koordinasi jika sewaktu- waktu terjadi bencana alam.

” Kalau tidak ada BPBD di daerah, ya bagaimana akan bisa cepat menangani bencana? Maka sebaiknya Bupati/ Walikota wajib membentuk BPBD, itu sangat penting. Contoh, waktu ada bencana gunung meletus di Gunung Sinabung, kata Bupatinya tidak perlu ada BPBD, akhirnya didemo oleh masyarakat dan Bupatinya lengser dari jabatannya,” ucap Politisi Partai Demokrat ini.

Menurut Linda Megawati, korban bencana alam pasti membutuhkan bantuan, karena mereka dalam kondisi darurat. Dan sudah menjadi kewajiban Kemensos dan BNPB untuk membantu para korban bencana alam, karena itu sudah menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Maka, daerah yang terkena bencana alam, perlu menyampaikan data- data, apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena bencana alam.

” Saya selaku anggota Komisi VIII DPR RI menegaskan dan menekankan kepada Kementerian Sosial dan BNPB, agar segera melakukan langkah kongkrit jika ada bencana alam terjadi. Kalau koordinasi dilakukan dengan baik dan mereka saling sinergi, saya yakin penanganan bencana alam dapat dilakukan dengan cepat,” pungkas Linda Megawati di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline