logo seputarnusantara.com

Muhammad Iqbal, M.Com. : Kemenkes Harus Tangani Penyakit Pasca Bencana

Muhammad Iqbal, M.Com. : Kemenkes Harus Tangani Penyakit Pasca Bencana

Muhammad Iqbal, SE., M.Com., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP (Partai Persatuan Pembangunan)

18 - Feb - 2015 | 22:08 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Bencana alam seperti banjir di berbagai wilayah Indonesia menimbulkan dampak buruk di berbagai sektor, salah satunya kesehatan. Dampak banjir di sektor kesehatan berupa penyakit diare, demam berdarah, penyakit kulit, leptospirosis, ISPA, serta memicu Keadaan Luar Biasa (KLB) penyakit menular.

Hal tersebut dikarenakan memburuknya kualitas lingkungan dan sarana prasarana sanitasi akibat banjir. Upaya penanganan untuk meminimalisir timbulnya berbagai penyakit dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, namun yang lebih utama diperlukan program dan kebijakan pemerintah yang terpadu
untuk mengurangi risiko.

Menurut Muhammad Iqbal, SE.,M.Com., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP (Partai Persatuan Pembangunan), bahwa setelah banjir biasanya muncul banyak penyakit. Bahaya bakteri e-coli dan leptospira cenderung meningkat pasca banjir besar. Tidak hanya penyakit kulit yang mengancam kesehatan para korban banjir, namun juga beberapa penyakit lainnya. Mengingat tingginya frekuensi hujan dan potensi banjir di berbagai wilayah di Indonesia, maka upaya preventif dan kuratif untuk meminimalisir resiko kesehatan dan lingkungan akibat banjir perlu dilakukan.

” Harus ada koordinasi yang maksimal antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian/ Lembaga terkait untuk menangani resiko penyakit pasca banjir. Karena dampak pasca bencana, biasanya sangat rawan penyakit. Contohnya seperti bencana banjir, itu sangat rawan penyakit pasca bencana terjadi. Untuk itu Kementerian Kesehatan harus memberikan bantuan obat- obatan dan tenaga medis kepada masyarakat,” ungkap Muhammad Iqbal, SE., M. Com kepada seputarnusantara.com di Gedung Komisi IX DPR RI- Senayan, pada Rabu 18 Februari 2015.

Lebih lanjut Muhammad Iqbal menjelaskan bahwa obat- obatan dan tenaga medis sangat dibutuhkan oleh masyarakat pasca bencana banjir terjadi. Maka, peran Kementerian Kesehatan sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Karena negara harus berperan dalam rangka melindungi rakyat Indonesia. Negara harus hadir di tengah- tengah masyarakat, apalagi pasca bencana terjadi.

” Negara harus hadir pada saat masyarakat Indonesia mengalami suatu bencana alam. Selama ini kami memantau, memang untuk masalah tenaga medis dan obat- obatan pasca bencana terjadi, sudah mencukupi dan Kementerian Kesehatan cepat gerakannya. Selama ini sudah cukup bagus untuk masalah tersebut. Dan kami berharap ke depannya, Kementerian Kesehatan lebih bagus dan cepat lagi menangani penyakit pasca bencana,” pungkas Muhammad Iqbal di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline