logo seputarnusantara.com

Pusaka Kiswah Ka’bah di Keraton Yogyakarta Dari Kekhalifahan Turki

Pusaka Kiswah Ka’bah di Keraton Yogyakarta Dari Kekhalifahan Turki

Keraton Yogyakarta Hadiningrat

26 - Feb - 2015 | 14:58 | kategori:Headline

Yogyakarta. Seputar Nusantara. Pernyataan Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Pembukaan Kongres Umat Islam menguak sejarah baru. Awal Februari lalu, Sultan menyebut keraton menyimpan kiswah Kakbah yang pernah diberikan kekhalifahan Turki ke Raden Fatah penguasa Demak.

Kiswah Kakbah itu mengukuhkan bahwa Raden Fatah merupakan khalifatullah ing Tanah Jawa, perwakilan kekhalifahan Islam (Turki) untuk Tanah Jawa. Selain kiswah Kakbah juga, ada bendera hijau bertuliskan lafaz kalimat tauhid. Demak berdiri abad ke 14.

“Kyai Tunggul Wulung sama Kyai Pare ?Anom?,” jelas Sultan yang ditanya soal pusaka ini pekan lalu. Sultan tak merinci jauh soal pusaka ini. Hanya saja disimpan di dalam keraton Yogya. Kyai Tungul Wulung dan Kyai Pare Anom tak bisa sembarang dikeluarkan.

Abdi dalam keraton Yogya yang tak mau disebutkan namanya berkisah soal dua benda pusaka itu. Kedua benda itu hanya dikeluarkan saat Suro atau tahun baru Islam yang jatuh di hari Selasa atau Jumat kliwon.

“Dimandikan di dalam Keraton juga,” terang pria itu.

Hanya keraton dan abdi dalem saja yang bisa melihat, warga luar tak diperkenankan. Kedua bendera itu pun dikeluarkan kalau terjadi sesuatu di masyarakat saja. Kabarnya, terakhir kedua benda itu dikelurkan pada 2006 dibawa di dalam mobil mengelilingi Yogya.

“Benda ini nilai budaya dan sejarahnya tinggi,” terang pria yang sudah puluhan tahun mengabdi di keraton itu. (dtc/Anggi)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline