logo seputarnusantara.com

Rugas Binti : Sosialisasi 4 Pilar Untuk Tingkatkan Pemahaman Masyarakat

Rugas Binti : Sosialisasi 4 Pilar Untuk Tingkatkan Pemahaman Masyarakat

Dr. Pdt. Rugas Binti, Anggota DPD RI dari Provinsi Kalimantan Tengah

26 - Mar - 2015 | 12:34 | kategori:Headline

Kalimantan Tengah. Seputar Nusantara. Pada masa Reses Februari- Maret 2015, Anggota DPD RI dari Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. Pdt. Rugas Binti melaksanaan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama instansi/ organisasi Majelis Resort GKE Timpah Kabupaten Kapuas- Kalimantan Tengah.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar oleh Rugas Binti dilaksanakan di Gedung Gereja Eppata, Timpah Kabupaten Kapuas- Kalimantan Tengah. Pelaksanaannya pada tanggal 12- 14 Februari 2015, dengan Nara Sumbernya adalah Drs. Helsingki Nangas (seorang Praktisi). Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.

Menurut Rugas Binti, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya ; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatua Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sesi dialog, masyarakat memberikan masukan dan saran- saran, yaitu pertama, agar sosialisasi semacam ini semakin sering diadakan bagi para guru dan tokoh masyarakat. Kemudian kedua, khusus bagi para guru, bahan-bahan yang dibagikan sangat membantu sebagai bahan pembelajaran di kelas Pendidikan Moral Pancasila (PMP, sekarang Pendidikan Kewarganegaraan ).

Selanjutnya saran masyarakat yang ketiga adalah masyarakat di desa mengharapkan agar para pemimpin terlebih dahulu memahami dan mempraktekkan 4 Pilar Kebangsaan ini sehingga dapat dijadikan panutan. Serta keempat, segala aturan hukum dan kebijakan dalam memelihara kehidupan berbangsa dan bernegara agar ditegakkan serta berpihak pada upaya- upaya untuk menjaga kesatuan dalam kepelbagaian. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline