logo seputarnusantara.com

BULOG DIY : STOK BERAS DIY CUKUP HINGGA DESEMBER

5 - Jul - 2010 | 16:24 | kategori:BUMN

BulogDIY. Seputar Nusantara. Stok beras Perum Bulog Divisi Regional Yogyakarta mencukupi hingga Desember 2010 meskipun ramalan Badan Pusat Statistik menyatakan produksi padi di wilayah itu turun sebesar 824.067 ton gabah kering giling. "Saya yakin, stok beras masih cukup hingga Desember, apalagi hingga bulan ini masih sering turun hujan, sehingga musim tanam ketiga bisa dilakukan dengan lebih cepat," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Yogyakarta Murino Mudjono di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, apabila musim tanam ketiga tersebut dapat segera dilakukan, maka petani sudah bisa memanen padi pada November atau Desember sehingga akan menambah stok beras yang berada di gudang Bulog.

"Tetapi, apabila produksi padi pada musim tanam ketiga tersebut tidak mencapai hasil yang diinginkan, kami tetap memiliki stok yang cukup hingga akhir tahun," katanya.

Persediaan beras tersebut, lanjut dia, juga untuk memenuhi kebutuhan penyaluran beras miskin sampai November 2010, yaitu sebanyak 3.024 ton per bulannya.

Kegiatan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah yang digelar di Yogyakarta pada 3-8 Juli, lanjut dia, tidak akan mengurangi stok beras Bulog meskipun peserta yang hadir diperkirakan mencapai ratusan ribu orang.

Ia memperkirakan, jumlah beras untuk mencukupi kebutuhan logistik peserta muktamar selama sekitar satu pekan adalah 40 ton. "Jumlah tersebut masih sangat kecil, dan tidak akan terlalu memengaruhi stok beras di gudang," lanjut dia.

Hasil survei Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta (BPS DIY) menyebutkan, penurunan produksi padi sawah pada 2010 disebabkan adanya penurunan luas panen sebesar 0,76 persen atau turun menjadi 144.325 hektare.

Saat ini, harga jual komoditas berbagai jenis beras di pasar tradisional Kota Yogyakarta mulai meningkat rata-rata Rp300 per kilogram untuk setiap jenis beras.

Purwanto, salah seorang pedagang bahan kebutuhan pokok di Pasar Sentul Yogyakarta menjual beras dengan harga antara Rp5.200 per kg untuk kualitas biasa dan Rp7.500 per kg untuk kualitas super. (bulog.co.id / Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: BUMN | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.