logo seputarnusantara.com

Anggota DPD Papua Carles Simaremare Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa & Bernegara

Anggota DPD Papua Carles Simaremare Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa & Bernegara

Pdt. Carles Simaremare, S. Th., M. Si., Anggota DPD RI dari Provinsi Papua saat Sosialisasi di Dapilnya Papua

1 - Apr - 2015 | 15:47 | kategori:Headline

Jayapura. Seputar Nusantara. Anggota DPD RI dari Provinsi Papua, Pdt. Carles Simaremare, S.Th., M.Si. melaksanaan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan tersebut dilaksanakan instansi/organisasi Pelajar dan Mahasiswa Distrik Kono di Sentani, Jayapura.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar oleh Pdt. Carles Simaremare dilaksanakan di lingkungan Asrama Pelajar Mahasiswa Distrik Kono, Sentani Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 s.d. 22 Februari 2015, dengan Nara Sumbernya adalah Dr. Jonni Siahaan, M. Kes., AIFO (Staf Ahli). Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.

Dalam paparannya, Pdt. Carles Simaremare menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara. Berdasarkan ketentuan Pasal 5 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), MPR mempunyai tugas : memasyarakatkan ketetapan MPR; Memasyarakatkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika ; Mengkaji system ketatanegaraan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2015, serta pelaksanaannya ; dan Menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Pdt. Carles Simaremare, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sesi dialog, masyarakat memberikan masukan dan saran- saran, mengenai kegiatan Sosialisasi ini diharapkan terus dilakukan apalagi kepada generasi muda sebagai ujung tombak penerus pembangunan bangsa. Kedepan diharapkan adanya pelatihan kepada siswa-siswi untuk dapat secara mendalam untuk menguasai materi 4 Konsensus Kebangsaan ini sehingga dapat menjadi fasilitator-fasilitator muda yang bisa berfungsi menjadi motivator-motivator muda dikalangan anak muda.

Selanjutnya saran masyarakat adalah mengharapkan agar para pemimpin terlebih dahulu memahami dan mempraktekkan 4 Pilar Kebangsaan ini sehingga dapat dijadikan panutan. Selain itu segala aturan hukum dan kebijakan dalam memelihara kehidupan berbangsa dan bernegara agar ditegakkan serta berpihak pada upaya- upaya untuk menjaga kesatuan dalam kepelbagaian. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline