logo seputarnusantara.com

Agus Gumiwang : Polisi Parlemen Menjauhkan Anggota DPR Dari Rakyat

Agus Gumiwang : Polisi Parlemen Menjauhkan Anggota DPR Dari Rakyat

Agus Gumiwang Kartasasmita, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Periode 2014- 2019

14 - Apr - 2015 | 14:55 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Wacana pembentukan polisi parlemen menuai penolakan dari sejumlah fraksi. Salah satunya dari Fraksi Golkar kubu Agung Laksono yang dipimpin oleh Agus Gumiwang. Bagi Agus, polisi parlemen akan mejauhkan anggota DPR dari rakyat yang diwakilinya.

“Parlemen pada dasarnya adalah wakil rakyat. Di sana berkantor anggota DPR dan DPD. Mereka harus bisa setiap saat diakses oleh rakyat yang diwakilinya, baik masalah di daerah pemilihannya maupun masalah sektoral. Penjagaan berlebihan gedung parlemen dan anggota parlemen di gedung parlemen akan menjauhkan rakyat dari wakilnya,” kata Agus, Selasa (14/4/2015).

Agus meminta anggota dan pimpinan DPR menolak pembentukan polisi parlemen. Menurut dia tak bijak meminta banyak polisi fokus di Gedung DPR di tengah kondisi personel polisi yang belum cukup.

“Di tengah rasio jumlah polisi dan masyarakat yang masih timpang, maka memberikan konsentrasi pengamanan yang berlebihan di gedung parlemen menjadi tak adil,” ulas putra Ginandjar Kartasasmita ini.

Wacana polisi parlemen dinilai berlebihan. Agus mempertanyakan Undang-undang yang menjadi dasar munculnya wacana itu. Apalagi di DPR sudah ada petugas Pengamanan Dalam (Pamdal).

“Wacana ini sama dengan mengistimewakan pengamanan parlemen dibandingkan dengan lembaga-lembaga lainnya di Negara kita. Selama ini kebijakan pengamanan di DPR di bawah koordinasi pengamanan objek vital Negara sudah cukup memadai untuk mengamankan gedung parlemen,” ujar Agus.

Selain Golkar kubu Agung Laksono, Fraksi PKB dan PDIP juga menunjukkan penolakan terhadap wacana pembentukan polisi parlemen. Pembentukan polisi parlemen ini diwacanakan oleh Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Roem Kono yang merupakan politikus Golkar kubu Ical. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline