logo seputarnusantara.com

Dede Yusuf Macan Effendy : Saya Sangat Mengecam Eksekusi Mati Siti Zaenab

Dede Yusuf Macan Effendy : Saya Sangat Mengecam Eksekusi Mati Siti Zaenab

Dede Yusuf Macan Effendy, Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat

15 - Apr - 2015 | 15:32 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Siti Zaenab, TKI (Tenaga Kerja Indonesia) asal Madura- Jawa Timur, sudah dihukum mati kemarin di Arab Saudi. Berbagai tanggapan dilontarkan terkait eksekusi mati TKI asal Madura tersebut.

Menurut Dede Yusuf Macan Effendy, Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, bahwa dirinya sangat menyayangkan terjadinya eksekusi mati terhadap TKI asal Madura, Siti Zaenab.

” Eksekusi mati Siti Zaenab menunjukkan bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi hanya dipandang sebelah mata oleh pihak Arab Saudi. Artinya, negosiasi antara Indonesia dengan Arab Saudi tidak berhasil, padahal itu sudah dilakukan bertahun- tahun,” ungkap Dede Yusuf kepada seputarnusantara.com di Gedung Komisi IX DPR RI- Senayan, pada Rabu 15 April 2015.

Dede Yusuf memaparkan, kita sebagai bangsa yang berdaulat, harus mempunyai sikap yang tegas. Sikap tegas tersebut berupa penghentian sementara pengiriman TKI ke luar negeri khususnya ke Arab Saudi, sehingga pihak Arab Saudi akan kelabakan, karena mereka tidak mempunyai pekerja dari Indonesia. Kecuali hanya beberapa negara saja yang mengirimkan tenaga kerjanya ke Arab Saudi, seperti Filiphina, Bangladesh dsb.

” Kalau kita mau mengadakan kerjasama, ya harus TKI yang formal. Artinya, memiliki kontrak kerja yang jelas sehingga mendapatkan perlakuan yang baik. Nah yang sekarang ini kan tidak memiliki kontrak kerja, sehingga mereka di Arab Saudi mendapatkan perlakuan- perlakuan yang kurang nyaman dan mendapatkan perlakuan yang kasar/ kekerasan, sehingga berimplikasi pada masalah hukum,” tegas Dede Yusuf, Politisi Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut Dede Yusuf memaparkan, kalau dengan sistem kontrak, mereka mempunyai dasar hukum. Ini harus segera dilakukan agar TKI kita bisa terlindungi di luar negeri. Kita Komisi IX DPR mendesak kepada Pemerintah untuk segera merealisasikan hal tersebut.

” Sikap saya terhadap eksekusi mati tersebut, saya sangat kecewa dan mengecam apa yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi. Negosiasi itu berujung pada denda yang sangat tinggi, yang mana negara tidak sanggup membayarnya, sehingga eksekusi mati dilaksanakan,” tegas Dede Yusuf.

” Menteri Luar Negeri perlu mempertanyakan ke Pemerintah Arab Saudi dan supaya mendudukkan masalah hukum sesuai proporsinya. Ke depan, kita harus memperbaiki kontrak- kontrak kerja pengiriman TKI. Dan negara- negara yang berbahaya seperti Arab Saudi, sebaiknya kita stop pengiriman TKI. Lebih baik ke Asia Pasifik untuk pengiriman TKI kita, agar martabat bangsa tetap terjaga,” pungkas Dede Yusuf di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline