logo seputarnusantara.com

Victor Bungtilu Laiskodat : Stake Holders Harus Serius Bangun Sektor Maritim

Victor Bungtilu Laiskodat : Stake Holders Harus Serius Bangun Sektor Maritim

Victor Bungtilu Laiskodat, SH.,M.Kn., Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI

17 - Apr - 2015 | 20:59 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Program besar Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo- Jusuf Kalla yang mengundang perhatian besar adalah membangun serta mengembangkan sektor Kemaritiman. Dengan upaya tersebut, Indonesia mampu mewujudkan mimpi sebagai poros maritim dunia sesuai cita-cita Presiden pertama Soekarno.

Visi Maritim Pemerintahan Presiden Jokowi merupakan hal yang sangat positif, karena bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Poros Maritim dunia ini juga dinilai sebagai langkah baru untuk mengubah paradigma ekonomi Indonesia dari darat ke laut.

Menurut Victor Bungtilu Laiskodat, SH.,M.Kn., Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, bahwa pertama, paradigma berpikir para stake holders bangsa Indonesia harus mulai didorong untuk berpikir lebih serius lagi mengenai pembangunan di sektor Maritim.

” Kemudian kedua, daerah- daerah pesisir masih tertinggal dan miskin, ini sangat bertolak belakang dengan arah pembangunan nasional khususnya sektor Maritim. Kalau sektor Maritim sudah menjadi fokus Pemerintah, tentunya daerah- daerah pesisir merupakan tujuan utama pembangunan Nasional, agar sektor- sektor di pesisir menjadi hal yang memberikan pertumbuhan ekonomi bagi rakyat dan bangsa ini,” ungkap Victor Laiskodat kepada seputarnusantara.com di depan Komisi V DPR RI- Senayan, pada Kamis 17 April 2015.

Kemudian ketiga, lanjut Victor Laiskodat, pengkajian mendalam terhadap sektor Maritim harus terus dilakukan, agar seluruh pulau yang ada di Indonesia mampu dimanage secara baik, sehingga subsidi antar pulau dapat tercapai. Sumber daya alam di Indonesia harus mampu dikembangkan untuk membangun sektor Maritim.

” Yang tidak kalah pentingnya adalah kapal- kapal yang pergi dan pulang, tidak mengalami kekosongan, sehingga akan mempercepat pembangunan sektor Maritim. Mengenai tol laut, menurut hemat saya, itu baru sekedar gagasan yang sampai sekarang ini belum bisa direalisasikan secara baik. Gagasan tol laut masih perlu serius lagi didorong, baik dari aspek anggaran, regulasi maupun kebijakan- kebijakan pemerintah daerah agar dapat tercapai menjadi target- target nasional,” pungkas Victor Bungtilu Laiskodat di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline