logo seputarnusantara.com

Kilas Balik KAA, Presiden Jokowi : Kita Gelorakan Kembali Semangat Bandung

Kilas Balik KAA, Presiden Jokowi : Kita Gelorakan Kembali Semangat Bandung

Jokowi, Presiden RI

24 - Apr - 2015 | 11:09 | kategori:Headline

Bandung. Seputar Nusantara. Presiden Jokowi berpidato dalam puncak Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). Dalam pernyataannya, Jokowi melayangkan ingatannya ke awal mula perjuangan kemerdekaan pada 1955 silam.

“Yang Mulia, 60 tahun lalu hanya 3 negara Afrika yang hadir. Bahkan Sudan datang hanya dengan kain putih bertuliskan negaranya,” kata Jokowi dalam bahasa Indonesia yang diiringi penerjemah dalam bahasa Inggris, di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/4/2015).

“Kini sudah berubah, KAA sudah dihadiri 91 negara. Mereka gelorakan kemerdekaan dan kesejahteraan. Begitulah sikap luhur negara kita, cita-cita mereka lebih besar dari zamannya,” sambungnya.

Jokowi pun menegaskan pentingnya menjaga semangat bersama dalam meraih kemerdekaan. Saat ini tentu saja bukan merdeka dari penjajah, tetapi merdeka secara ekonomi menuju kehidupan berbangsa yang lebih baik.

“Kita menyadari bahwa cita-cita harus kita raih. Bermitra dengan seajar dengan negara lain. Sekali lagi bekerjasama secara sejajar,” terang Jokowi.

“Sebagai presiden Indonesia yang memimpin lebih dari 250 juta penduduk, saya menyadari Indonesia belum terbebas dari kemiskinan, kami masih tertinggal dibanding negara maju di belahan lain. Oleh karena itu, pada peringatan KAA saya menyerukan mari kita gelorakan kembali semangat Bandung. Kita lanjutkan perjuangan para pemimpin kita 60 tahun lalu,” pungkasnya. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline