logo seputarnusantara.com

Pusdatin DPD RI Terima Delegasi Mahasiswa Unkris Satya Wacana Salatiga

Pusdatin DPD RI Terima Delegasi Mahasiswa Unkris Satya Wacana Salatiga

Mahyu Darma, SH., MH., Kepala Bagian Pemberitaan dan Media Visual DPD RI (kiri)

29 - Apr - 2015 | 13:31 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Pusat Data dan Infromasi (Pusdatin) DPD RI menerima delegasi dari Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Delegasi diterima oleh Mahyu Darma, SH., MH, Kepala Bidang Pemberitaan dan Media Visual, Pusdatin, Sekretariat Jenderal DPD RI di ruang rapat Gedung B DPD RI, Selasa (21/04/2015).

Delegasi yang hadir sekitar 50an mahasiswa merupakan angkatan 2014 Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dan sebagian besar mahasiswa sudah mengambil mata kuliah hukum tata negara.

Tujuan utama kunjungan delegasi adalah menambah wawasan mahasiswa terkait lembaga-lembaga negara di Indonesia. Khususnya fungsi, peran dan wewenang lembaga negara. “Kami berharap bisa mendapatkan informasi tentang peran dan fungsi DPD RI,” harap Umbu Rauta, Perwakilan Mahasiswa.

Mahyu Darma memaparkan tentang sejarah berdirinya DPD, peran dan fungsi DPD RI. DPD merupakan lembaga negara baru yang berusia 11 tahun yang merupakan pengejawantahan keinginan demokrasi. Pembentukan DPD RI merupakan amanat perubahan ketiga UUD 1945 tahun 2001 untuk membangun sebuah mekanisme kontrol dan keseimbangan (checks balances) kekuasaan legislatif.

Adanya DPD RI mampu menjamin dan menampung perwakilan daerah-daerah untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah dalam lembaga legislatif. “Menurut DPD RI, pengalihan fungsi kepercayaan legislatif kepada DPD kemungkinan karena fungsi partai yang sedang downgrade. Tetapi saat ini DPD RI, belum cukup mempunyai wewenang untuk menampung semua aspirasi daerah karena pembahasan undang-undang hanya sampai tahap kedua sehingga masih terbatas kewenangan DPD RI” ujar Mahyu Darma. (dpd.go.id/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline