logo seputarnusantara.com

Dalam Rangka Swasembada Pangan, Sarana & Prasarana Harus Ditingkatkan

Dalam Rangka Swasembada Pangan, Sarana & Prasarana Harus Ditingkatkan

18 - Mei - 2015 | 15:54 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Dialog interaktif bertajuk “Progres Swasembada Pangan” di Bumbu Desa Cikini, Jakarta, Senin (11/5/2015). Hadir dalam dialog Nofi Candra (Anggota Komite II DPD RI dari Provinsi Sumatera Barat), Muhrizal Sarwani (Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian), Bustanul Arifin (Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Negeri Lampung).

Menurut Muhrizal salah satu langkah untuk menuju swasembada pangan yaitu dengan membangun irigasi 2,6 juta hektar, menyediakan pupuk bersubsidi 9,55 juta ton pupuk, perbaikan benih, alat pertanian seperti traktor serta perluasan area. Maret sampai april ini progresnya untuk penyaluran yg sekarang ini masih dalam proses.

Nofi Candra mengatakan berdasarkan pengamatan di lapangan banyaknya irigasi yang sudah rusak dan air tidak mengalir. Menurutnya persoalan utama kita berada di masalah benih dan pupuk.

“Dari beberapa analisa, program pemerintah yang sudah terserap baru 25 persen petani yang menerima benih, sehingga kita perlu meningkatkan jumlah penyaluran benih dan pupuk bersubsidi,” kata Nofi Candra.

Bustanul Arifin mengatakan bulan mei ini menjadi krusial karena tanda dari panen perdana atau panen raya yang berkontribusi 60-65 persen dari total target. Menurutnya program yang paling penting adalah penyuluhan kepada para petani.

“Karena nantinya petani inilah yang akan bertugas meningkatkan produktivitasnya,” jelas Bustanul. (dpd.go.id/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline