logo seputarnusantara.com

Tamanuri, MM. : Daerah Harus Sukseskan Pilkada Serentak Pada Desember 2015

Tamanuri, MM. : Daerah Harus Sukseskan Pilkada Serentak Pada Desember 2015

Drs. H. Tamanuri, MM. (berdiri), Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Nasdem

27 - Mei - 2015 | 16:17 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Pemerintah akan bertindak tegas dan tidak menoleransi kepada pihak mana pun yang tidak mau menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah menegaskan agar seluruh kepala daerah wajib mendukung dan mensukseskan agenda Pilkada serentak yang telah diputuskan Pemerintah Pusat. Tercatat ada 269 daerah, terdiri dari 9 provinsi, 36 kota dan 224 kabupaten akan menggelar Pilkada tahap pertama pada 9 Desember 2015.

Menurut Drs. H. Tamanuri, MM., Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem (Nasional Demokrat), bahwa seharusnya seluruh daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 sudah siap. Jangan sampai ada kendala masalah dana, sebab Pilkada serentak 2015 ini sudah dicanangkan cukup lama.

” Pilkada serentak pada Desember 2015 nanti harus sukses. Semua daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak harus siap, termasuk masalah pendanaan. Kalau masih ada daerah yang terkendala masalah dana, berarti itu kekeliruan daerah tersebut. Karena Pilkada serentak ini kan sudah dicanangkan jauh- jauh hari,” ungkap Tamanuri kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Rabu 27 Mei 2015.

Menurut Tamanuri, seharusnya daerah sudah memikirkan dan menyiapkan dana untuk pelaksanaan Pilkada. Kalau memang ada sebagian daerah yang belum siap masalah dana, maka pemerintah pusat melalui APBN harus bisa memberikan dana talangan agar Pilkada sukses. Sebab, kalau tidak dilaksanakan, maka nanti akan tertunda lagi.

” Tidak ada alasan daerah tersebut tidak siap melaksanakan Pilkada. Sebab akan menjadi kebiasaan buruk menunda- nunda pekerjaan. Daerah harus siap mensukseskan Pilkada serentak Desember 2015 nanti,” tegas Tamanuri, Politisi Partai Nasdem ini.

Sebab, lanjutnya, Pilkada serentak ini sudah dicanangkan jauh- jauh hari. Kecuali belum dicanangkan, mungkin daerah masih bisa memberikan alasan ketidaksiapannya. Tetapi kalau sudah dicanangkan, mau tidak mau daerah harus siap. Daerah yang setengah- setengah dalam menyiapkan Pilkada, tentu harus segera melakukan terobosan agar siap sukses.

” Tapi yang jelas, tahapan- tahapan Pilkada serentak yang sudah dilakukan oleh KPU dan KPUD harus dilaksanakan sesuai aturan. Pilkada serentak harus tetap jalan dan sukses, walaupun misalnya ada beberapa partai politik yang tidak bisa mengikuti Pilkada, itu urusan internal partai. Karena kita juga tidak bisa memprediksi, apakah partai tersebut pada akhirnya bisa ikut atau tidak,” ucapnya.

Selanjutnya Tamanuri menjelaskan, bahwa 269 Pilkada serentak pada Desember 2015 harus sukses. Maka semua pihak harus bekerja secara sungguh- sungguh, hati- hati dan cermat agar sukses jalannya Pilkada nantinya. Supaya daerah juga tidak mengalami gejolak saat melaksanakan tahapan- tahapan Pilkada.

” Kita berharap agar KPU dan KPUD serta daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak untuk mematuhi dan disiplin terhadap tahapan- tahapan Pilkada, agar dapat berjalan sukses. Kemudian Bawaslu dan Panwaslu tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota harus bekerja dengan baik agar aturan- aturan bisa ditegakkan sebagaimana mestinya. Kalau tidak, maka jika melenceng sedikit saja, akan berdampak luas terhadap pelaksanaan Pilkada,” pungkas Tamanuri dipenghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline