logo seputarnusantara.com

Sister Cities Relationship dan Smart Region Untuk Membangun Daerah

Sister Cities Relationship dan Smart Region Untuk Membangun Daerah

1 - Jul - 2015 | 12:27 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Sister Cities Relationship atau Kota Bersaudara merupakan konsep kerjasama antar dua kota yang bertujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antar penduduk. Umumnya terdapat persamaan kondisi demografi dan permasalahan yang dihadapi sesama sister cities. Salah satu kota di Indonesia yang telah menjalin hubungan sister cities adalah Kota Bogor dengan St. Louis, Missouri, USA.

Inisiator dan Co-Founder St.Louis – Bogor Sister Cities Alexander Soetjipto menyampaikan paparannya terkait program sister cities kepada Sekretaris Jenderal (Sesjen) DPD RI Soedarsono Hardjosoekarto. Alex menilai DPD RI sebagai perwakilan daerah memiliki peranan penting dalam mengembangkan konsep sister cities dan menjalin hubungan dengan kota-kota dari negara lain.

“Banyak manfaat yang diperoleh dengan hubungan sister cities ini, misalnya kerjasama di bidang pendidikan, pertukaran budaya dan pertunjukan seni daerah, dan beragam kegiatan di bidang kesehatan, lingkungan, kemanusiaan dan pariwisata,” jelas Alex di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (30/06/2015) siang.

Turut hadir Ketua Citi Asia Inc. Cahyana Ahmadjayadi yang mengemukakan konsep Smart Region for Smart Nation dalam paparannya. “Dalam konteks pembangunan daerah bagaimana agar Pemprov, Pemkot dan Pemkab mampu berada dalam sinkronisasi sehingga terwujud smart region. Saat ini kunci dari pembangunan daerah adalah pemanfaatan teknologi yang tepat, melalui aplikasi pendukung kita konversikan ke dalam aspirasi daerah.”

Menanggapi paparan yang disampaikan Soedarsono menyambut baik dan mendukung konsep sister cities serta usulan smart region dari CitiAsia Inc. “Pembahasan mendalam dapat dilakukan pada masing-masing biro dan pusat. Harapannya tentu saja dapat diterapkan dalam skala nasional untuk pembangunan daerah.”

Soedarsono mengkoordinasikan Biro dan Pusat di DPD RI mengambil peranan sesuai bidang kajian aplikasi pendukung. Pusat Data dan Informasi terkait aplikasi media analitic dan sms center. Pusat Kajian Daerah melalui aplikasi SOCA (Smart Online Citizen Application) Biro Persidangan terkait aplikasi e-Bangda. (dpd.go.id/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline