logo seputarnusantara.com

Anggota MPR RI Mat Nasir : Demokrasi Sebagai Perwujudan 4 Pilar Kebangsaan

Anggota MPR RI Mat Nasir : Demokrasi Sebagai Perwujudan 4 Pilar Kebangsaan

H. Mat Nasir, S. Sos., Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Timur XI

27 - Jun - 2015 | 18:46 | kategori:Headline

Madura. Seputar Nusantara. Selain untuk menyerap aspirasi dari konstituen, kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan Kegiatan Dengar Pendapat Empat Pilar Kebangsaan oleh Anggota DPR/MPR RI Daerah Pemilihan Jawa Timur XI H. Mat Nasir, S.Sos. dengan tema “Demokrasi Sebagai Perwujudan 4 Pilar Kebangsaan”

Dalam Dengar Pendapat Empat Pilar Kebangsaan di Madura, H. Mat Nasir, S.Sos. menyampaikan : ” yang menjadi dasar hukum dalam pelaksanaan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan adalah UUD NRI 1945, UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, dan Peraturan MPR Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib Majelis Permusyawaratan Rakyat yang bertujuan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya kepada seputarnusantara.com, Rabu (27/6/2015 ).

Legislator dari Fraksi Partai Demokrat tersebut berharap dengan kegiatan seperti ini dapat tumbuh kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggaraan pemerintahan, dan masyarakat memahami serta bisa menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam mengkaji Empat Pilar Kebangsaan, H. Mat Nasir, S.Sos. mengutarakan hal yang perlu diketahui adalah diantaranya mengenai semangat, makna dan hakikat demokrasi itu.

” Demokrasi sebagai konsep politik merupakan kemajemukan dari Pancasila itu sendiri, sehingga terwujud Pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara,” terang Mat Nasir.

Pemerintah juga perlu mengatur sistem politik dan kekuatan ekonomi yang bertujuan mengurangi kesenjangan, sehingga dapat terwujud Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kuat dan solid. Kebangsaan menjadi sangat penting karena merupakan perwujudan persatuan dari kemajemukan yang ada sehingga tercipta Bhinneka Tunggal Ika.

” Empat (4) Pilar Kebangsaan dapat diartikan sebagai penjabaran dari kehidupan berbangsa yaitu dengan Pancasila yang membentuk hukum UUD NKRI 1945, dalam masyarakat majemuk yang menghasilkan Bhinneka Tunggal Ika, dalam mewujudkan NKRI yang kuat. Oleh karena itu sangatlah penting kegiatan sosialisasi seperti ini,” tukasnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline