logo seputarnusantara.com

Komite III DPD Bahas Program KPP-PA Bekerjasama Dengan Tahir Foundation

Komite III DPD Bahas Program KPP-PA Bekerjasama Dengan Tahir Foundation

8 - Jul - 2015 | 14:28 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. “ Usaha Menteri harus diapresiasi, pelatihan tersebut untuk menyiapkan Calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang kompeten. Kita harus saling dukung,” ujar Wakil Ketua DPD RI G.K.R. Hemas dalam rapat kerja (raker) Komite III DPD RI dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA), Kamis (02/07/2015).

Hemas secara khusus menghadiri raker Komite III DPD RI dengan agenda pembahasan program Menteri PP dan PA bekerjasama dengan Tahir Foundation. Seperti diketahui KPP-PA, Kemendagri dan Gubernur Maluku serta para Wakil Gubernur Jabar, Jateng, Jatim, NTT dan NTB telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama menyangkut Proyek Pelatihan Calon TKW pada 21 Mei 2015.

Menyetujui pernyataan Hemas, Wakil Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris berpendapat pelatihan tersebut merupakan hal strategis dan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan keahlian TKW.

“ Kerjasama ini untuk mengembalikan harkat dan martabat perempuan Indonesia yang bekerja di luar negeri. Pelatihan ini bukan untuk penyaluran sebagai pembantu rumah tangga, tetapi menyiapkan TKW yang memiliki skill,” papar Menteri PP dan PA Yohana S. Yembise di Ruang Rapat Komite III DPD RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Menurut Yohana pelatihan tersebut meliputi lima bidang diantaranya, Bidang Bahasa Inggris dan Mandarin, Bidang Hospitality, Bidang Keperawatan, Bidang Dasar Bisnis dan Pelatihan Pengembangan Karakter.

“ Program ini berlangsung selama 5 tahun dengan melibatkan 6 provinsi yaitu Jabar, Jateng, Jatim, NTT, NTB dan Maluku sebagai pilot project di tahun pertama. Kami akan berkoordinasi dengan Menaker, Menpariwisata, Menkes dan BNP2TKI,” jelasnya.

Terkait kerjasamanya dengan Tahir Foundation, Yohana menegaskan program tersebut dapat saja dihentikan bila tidak sesuai dengan nota kesepahaman dan bersifat merugikan. “Kalau berhasil kita lanjutkan, kalau tidak kita hentikan,” tegasnya.

Mendukung program KPP-PA dengan Tahir Foundation, Komite III DPD RI berharap program pelatihan TKW dapat meningkatkan kualitas dan keahlian calon tenaga kerja. “Kami berharap optimalisasi kerjasama yang komprehensif antara KPP-PA dan Tahir Foundation sehingga tercapai sasaran untuk memberdayakan TKW. Komite III sebagai representasi daerah akan turut mendorong terlaksananya program tersebut untuk kemajuan daerah,” ujar Fahira menutup raker. (dpd.go.id/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline