logo seputarnusantara.com

Sambil Buka Puasa Bersama, Muhammad Iqbal Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Sambil Buka Puasa Bersama, Muhammad Iqbal Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Muhammad Iqbal, SE., M.Com., Anggota MPR RI dari Fraksi PPP (Partai Persatuan Pembangunan)

10 - Jul - 2015 | 22:11 | kategori:Headline

Pasaman Timur. Seputar Nusantara. Anggota MPR RI dari Fraksi PPP (Partai Persatuan Pembangunan) Muhammad Iqbal, SE., M.Com., melakukan kegiatan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam paparannya, Muhammad Iqbal menyampaikan kepada masyarakat bahwa MPR terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui Pemilihan Umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara.

Menurutnya, berdasarkan ketentuan Pasal 5 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), MPR mempunyai tugas :
a. Memasyarakatkan ketetapan MPR ;
b. Memasyarakatkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika;
c. Mengkaji sistem ketatanegaraan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2015, serta pelaksanaannya; dan
d. Menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Iqbal, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya ; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

” Pelaksanaan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini, menunjukkan bahwa kita sebagai anggota MPR RI mempunyai tanggungjawab bersama dalam rangka memberikan pemahaman nilai- nilai luhur bangsa dan ketetapan MPR RI kepada masyarakat,” ungkap Iqbal kepada seputarnusantara.com pada Sabtu, 4 Juli 2015.

Menurut Politisi PPP ini, sebagai wujud dari tanggungjawab tersebut, maka setiap anggota MPR RI mendapatkan tugas untuk melakukan sosialisasi putusan- putusan MPR di daerah pemilihannya masing- masing.

” Pentingnya sosialisasi di daerah pemilihan Anggota MPR RI adalah dalam rangka menifestasi tanggungjawab Anggota MPR untuk membangun daerah agar seluruh penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah, dilaksanakan dengan mengedepankan nilai- nilai luhur bangsa, sebagaimana terdapat pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” tegas Iqbal.

Sedangkan nama instansi dalam pelaksanaan sosialisasi 4 pilar tersebut adalah Ikatan Keluarga Bayur dan Pasaman- Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Wisma Risma Murni Lubuk Sikaping- Pasaman Timur. Sedangkan sebagai nara sumber dalam acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut adalah Muhammad Iqbal, SE., M.Com, dan dihadiri oleh 150 orang peserta, yang terdiri dari masyarakat umum, tokoh masyarakat, cerdik pandai dan tokoh agama. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 4 Juli 2015. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline