logo seputarnusantara.com

Kapolri Perintahkan Kapolda Kawal Pembangunan di Papua dan Papua Barat

Kapolri Perintahkan Kapolda Kawal Pembangunan di Papua dan Papua Barat

Jenderal Pol. Badrodin Haiti, Kapolri

31 - Jul - 2015 | 13:44 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memerintahkan kepada Kapolda Papua dan Papua Barat yang baru, Brigjen Paulus Waterpauw dan Brigjen Royke Lumowa, untuk dapat mengawal pembangunan di kedua wilayah tersebut.

Menurut Jenderal Haiti, tugas polisi di Papua dan Papua Barat berbeda dengan wilayah lain. Ada strategi-strategi khusus yang diterapkan dalam penanganan masalah di wilayah itu. Tidak hanya soal penegakan hukum, tapi juga kesejahteraan yang menyangkut masyarakat sekitar.

“Penanganan masalah Papua khususnya terkait dengan keamanan, pendekatannya adalah pendekatan kesejahteraan. Namun, bila ada pelanggaram hukum yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata pendekatannya adalah hukum,” kata Badrodin dalam sambutan pelantikan Kapolda Papua dan Papua Barat, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Selama ini, jenderal kelahiran Jember ini, perhatian pemerintah cukup besar dalam membangun Papua demi mensejahterakan masyarakat di bumi cendrawasih itu, seperti membangun lumbung pangan, pembangunan sarana dan prasarana, infrastruktur, sampai dengan pemberian grasi kepada narapidana yang terlibat dalam kelompok kriminal bersenjata. “Juga keterbukaan Papua terhadap wartawan asing,” ujar Badrodin.

Bagi anggota Polri, diakuinya, tidak mudah untuk bertugas di provinsi paling timur Indonesia tersebut. “Tugas di Papua cukup berat, persoalan demografi, budaya, geografi, ada juga kelompok kriminal bersenjata. Ada isu intoleransi, isu pelanggaran HAM yang terus mencuat. Pergantian Kapolda Papua dan Papua Barat diharapkan mampu selesaikan persoalan di Papua dan Papua Barat,” kata Badrodin.

“Diperlukan strategi cukup baik, tepat, agar Papua damai dan aman, sehingga pembangunan Papua dipercepat,” imbuhnya. Kapolri meminta kepolisian di Papua dan Papua Barat menjaga keamanan pembangunan infrastruktur yang tengah berlangsung di sana dari gangguan kelompok kriminal bersenjata. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline