logo seputarnusantara.com

Johnny G Plate : Hadapi Tekanan Ekonomi, Semua Pihak Harus Kerjasama

Johnny G Plate : Hadapi Tekanan Ekonomi, Semua Pihak Harus Kerjasama

Johnny G. Plate, Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI

26 - Agu - 2015 | 13:57 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Segenap komponen bangsa diharapkan bersatu padu menghadapi tekanan perekonomian yang luar biasa besar yang tengah terjadi saat ini.

Setiap komponen bangsa, baik eksekutif, legislatif, kelompok sosial-politik, segenap warga bangsa, agar menyadari bahwa saat ini bangsa kita sedang mengalami tekanan perekonomian yang luar biasa besarnya.

” Untuk itu, maka, segenap kebijakan kita haruslah bersatu padu untuk menjaga ketahanan ekonomi kita, untuk membantu agar penurunan rupiah tidak terus melaju,” ucap Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Jhony G. Plate saat Sidang Paripurna DPR RI, Selasa (25/8) di Jakarta.

Plate menyatakan bahwa dirinya menggarisbawahi hal tersebut dengan sungguh-sunguh. Dia sangat berharap dan meminta agar kebijakan untuk menyikapi tekanan ekonomi tersebut betul-betul memiliki keberpihakan kepada bangsa dan negara.

” Bukan lagi untuk keberpihakan kelompok dan tidak ada gunting dalam lipatan,” tandasnya.

Sementara itu terkait tanggapan pemerintah atas pandangan fraksi-fraksi atas RAPBN 2016, Plate menyatakan secara umum pemerintah telah menanggapi pandangan fraksi dan akan menindaklanjuti dengan pembahasan yang lebih mendetail untuk APBN 2016.

Menurutnya, ada beberapa catatan penting dari yang disampaikan pemerintah. Pertama, adalah di RAPBN 2016, dana transfer daerah pertama kalinya dalam sejarah anggaran negara kita lebih besar daripada anggaran belanja kementerian dan lembaga yaitu Rp 782 triliun.

Kedua, pemerintah tetap mempertahankan terhadap subsidi-subsidi tidak terukur untuk dialihkan kepada belanja produktif. Ketiga, walaupun ada pengalihan subsidi pemerintah tetap menyiapkan bantuan sosial kepada 6 juta keluarga miskin.

” Itu naik dari 3,5 juta ke 6 juta keluarga miskin, dengan memperbaiki Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Sejahtera, dan Kartu Indonesia Pintar. Nah, itu yang saya kira yang menjadi inti jawaban pemerintah pada paripurna hari ini,” tambah Plate.

Namun menurut legislator asal NTT ini, terkait asumsi makro akan dibicarakan lebih lanjut, mengingat dinamika ekonomi global yang memengaruhi nilai tukar rupiah.

Selain itu, postur anggaran keuangan yang perlu digarisbawahi adalah, anggaran kesehatan sekarang sebesar 5 persen, sebagaimana yang diamanatkan kontitusi.

” Nah, kita memberikan catatan bahwa tantangan perekonomian kita saat ini lebih besar. Oleh karena itu kita membutuhkan tidak saja pemerintah, tidak saja otoritas regulasi atau moneter institusi kita, tetapi kita (Fraksi Nasdem) memberikan himbauan agar (semua) bersinergi secara nasional, karena ini tidak bisa satu atau dua kelompok atau institusi saja. ini harus bersama-sama. ini tantangan kita yang sudah cukup berat. perekonomian kita berat, walaupun di beberapa sektor-sektor makro kita terhitung cukup baik,” tegasnya.

Saat ini cadangan devisa negara kita masih di atas 107 miliar US dollar. Inflasi kita masih lebih terkendali. Namun diingatkan oleh Plate, nilai tukar yang lemah yang berdampak pada lapangan pekerjaan dan daya beli, harus tetap menjadi perhatian serius pemerintah saat ini.

Di sisi lain, Johnny Plate sangat senang karena pemerintah sangat mengapresiasi dorongan atau pandangan fraksinya, yaitu untuk segera melakukan akselerasi transter daerah. Pemerintah juga mengapresiasi pandangan Fraksi Partai NasDem bahwa subsidi-subsidi yang diberikan itu harus berkualitas dan tepat sasaran. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline