logo seputarnusantara.com

KH. Choirul Muna : Saat Tamu- Tamu Allah Tidak Terlayani Dengan Baik

KH. Choirul Muna : Saat Tamu- Tamu Allah Tidak Terlayani Dengan Baik

KH. Choirul Muna, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem

7 - Okt - 2015 | 15:47 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. KH. Choirul Muna, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem tidak bisa menyembunyikan rasa kecewanya setelah melaksanakan pengawasan langsung terhadap penyelenggaraan haji tahun ini.

Posisi pemerintah Indonesia saat ini, dipandangnya masih sangat lemah di mata pemerintah Arab Saudi.

Cara pandang inilah yang mempengaruhi perlakuan pemerintah Arab Saudi terhadap Jamaah Haji Indonesia. Betapa tidak, dari tiga klaster fasilitas pelayanan terhadap para Jemaah yang ada, yaitu klaster tamu, klaster buruh dan klaster budak, Jamaaah Indonesia ditempatkan pada klaster terakhir.

” Terus terang saya masih kecewa dengan penyelenggaraan Haji tahun ini. Peran Kementerian Agama, saya nilai masih lemah, dan ironisnya Indonesia di tempatkan di klaster terendah,” sesalnya.

Khusus pada 8 sampai 13 September kemarin, saat para Jamaah Haji menjalani puncak penyelenggaraan Ibadah Haji, Kementerian Agama seperti tak bisa berbuat apa-apa. Segala sesuatunya dipegang oleh Muassasah, atau panitia penyelenggara Ibadah Haji.

” Meskipun jelas-jelas ada kekurangan, Kementerian Agama tidak bisa berbuat apa-apa, lemah sekali bargaining kita,” tutur Anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah VI ini.

Dia mencontohkan, saat puncak penyelenggaraan Ibadah Haji kemarin, saat beberapa jamaah Indonesia mengalami tenda rusak, listrik mati, dan beberapa masalah lainnya, Menteri Agama tak bisa mengambil langkah protes atau perbaikan. Choirul berharap betul, ke depan, pemerintah Indonesia bisa memiliki bargaining position yang lebih baik dibanding tahun ini.

” Saya menginginkan mindset pemerintah Arab Saudi yang menganggap dan memperlakukan jamaah kita seperti budak harus dirubah,” lanjutnya.

Terkait insiden kecelakaan crane di Masjidil Haram, anggota Fraksi NasDem ini berbeda pendapat dengan banyak kalangan yang menganggapnya human eror. Baginya, itu kejadian luar biasa akibat keteledoran pemerintah Arab Saudi.

Dia pun merasa pesimistis dengan ganti rugi yang dijanjikan pemerintah Arab Saudi, mengingat kejadian serupa pernah terjadi. Dalam tragedi Almuais, yang terjadi para periode sebelumnya, para korban sama sekali tak mendapat asuransi dari pemerintah setempat.

” Pemerintah Arab Saudi baru wacana memberikan asuransi pada korban. Oleh karenanya, saya akan mendesak pemerintah Arab Saudi dengan mengganti asuransi Rp 3,8 miliar itu, jangan memberikan harapan palsu,” tuntutnya.

Terkait tragedi mina, Choirul Muna juga berang dengan alibi pemerintah Arab Saudi yang menyalahkan jamaah Jaji atas kejadian itu. Faktanya, tragedi itu terjadi karena kesalahan assah yang membelokkan jalur jalan jamaah.

” Ini harus kita tuntut pemerintah Arab Saudi, untuk bertanggungjawab. Dari DPR RI juga harus melayangkan nota protes pada pemerintah Arab Saudi, karena tidak bisa melayani tamu Allah dengan benar,” cetusnya.

Choirul kemudian menuturkan pengalamannya diundang Amirulhaj dari Iran, untuk bersama mengupayakan agar para tamu Allah ini diterima sebagai tamu terhormat, bukan sebagai komoditas ekonomi. Terlepas persoalan stigma Syiah yang melekat pada Iran, Choirul sangat mengapresiasi langkah Iran dalam melakukan koreksi terhadap penyelenggaraan Haji.

“ Kita memang menbutuhkan dukungan bersama. Kita akan melakukan pendekatan kepada negara seperti Turki, Mesir, Iran yang telah menyatakan kesiapan, dan Pakistan yang menjadi negara kedua setelah Indonesia yang banyak mengirim jamaah Haji dan Malaysia. Kita akan membuat deklarasi bersama agar ada bargaining kepada Arab Saudi terkait pelaksanaan haji ke depannya,” tutur Muna bersemangat.

Selama ini, pemerintah Arab Saudi sangat terkesan mengeksploitasi para jamaah untuk meningkatkan pasokan devisa mereka. Ironisnya, eksploitasi itu tidak disertai dengan keamanan dan perlindungan sepadan bagi jamaah Haji. Sebaliknya, para jamaah Haji mendapat bus-bus transportasi yang tak layak, meski sudah menyerahkan General Service Fee (GSF). Ternyata, pembayarannya tak cukup sampai tahapan pertama, tapi harus melakukan pembayaran untuk up grade.

Ada beberapa detil pelayanan dibenahi di lapangan saat itu, mengingat banyaknya jamaah yang kelelahan dan kepanasan. Oleh karena itu, Choirul meminta naqobah (jasa penyedia transportasi) untuk mengganti bus yang lebih layak dan nyaman bagi jamaah Haji. Akhirnya Kementerian Agama melakukan pembayaran fee up grading naqobah.

” Syukurnya, kita masih memiliki safe grading sebesar Rp 25 milliar untuk menggantikan bus-bus yang jelek, sehingga saat kepulangan ke Madinah, Arbain dan Jeddah, jamaah Indonesia sudah menaiki bus yang nyaman dan ber-ac,” kenangnya.

Dia juga menuturkan, Komisi VIII DPR yang datang ke Mekkah sebagai pengawas resmi penyelenggaraan Haji, namun tak diperlakukan layaknya perwakilan Parlemen. Muna berharap, ke depan Indonesia harus memiliki bargaining dengan pihak arab saudi supaya jamaah kita itu dapat terlindungi dan mendapatkan pelayanan yang baik dan nyaman.

Choirul muna optimistis dengan hadirnya BPKH (Badan Pengelolaan Keuangan Haji) yang ditargetkan terimplementasi pada pelaksanaan haji 2016. Dia yakin kehadiran lembaga itu akan memperbaiki pelaksanaan haji ke depan, dan bisa meniminalisir persoalan penyelenggaraan haji. Dalam BPKH ini, pihak Kementerian Agama tidak mutlak menjadi esekutor atau pengambil keputusan dalam penentuan prasarana haji, baik menyangkut pemondokan, catering hingga bus transportasi.

” Karena ada biro atau agen travel kita semisal Maktour atau yang lainnya, malah lebih memiliki bargaining yang tinggi dengan pihak Arab Saudi dibandingkan Kementerian Agama,” lanjut Muna.

Dalam hematnya, kehadiran badan ini dapat memacu persaingan yang sehat dalam proses pengadaan atau tender.

” Ke depan, bagaimana esekutor itu mendapat bargaining yang baik dari pihak Arab Saudi untuk kenyamanan pelayanan Ibadah Haji bagi jamaah Indonesia, walau pun dari pihak swasta, kenapa tidak?” tegasnya.

Muna mengibaratkan perputaran keuangan yang akan dikelola BPKH menyerupai tabungan haji yang dikelola negara Malaysia. Mengakhiri wawancara, Muna mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kementerian Agama yang mewakili negara dalam pelaksanaan haji 2015, meski masih adanya persoalan dalam pelaksanaannya.

“ Kedepannya, kita (Komisi VIII DPR) akan lebih mendorong kepada pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Agama untuk membuat forum dari perwakilan negara lain untuk melakukan bargaining yang kuat kepada pihak arab saudi dalam pelaksanaan Ibadah Haji,” pungkasnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline