logo seputarnusantara.com

Pdt. Carles Simaremare Sosialisasi 4 Pilar Kepada Ujung Tombak Penerus Bangsa

Pdt. Carles Simaremare Sosialisasi 4 Pilar Kepada Ujung Tombak Penerus Bangsa

Pdt. Carles Simaremare saat Sosialisasi 4 Pilar kepada generasi muda di Jayapura- Papua

30 - Nov - 2015 | 16:14 | kategori:Headline

Jayapura. Seputar Nusantara. Anggota DPD RI dari Provinsi Papua, Pdt. Carles Simaremare, S.Th., M.Si. melaksanaan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemuda Narwastu Ministry di Jayapura.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar oleh Pdt. Carles Simaremare dilaksanakan di lingkungan Narwastu Ministry Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua bersama masyarakat sekitar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 November 2015, dengan Nara Sumber Kornelius Mote (praktisi sosial). Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang peserta

Dalam paparannya, Pdt. Carles Simaremare menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara. Berdasarkan ketentuan Pasal 5 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), MPR mempunyai tugas : memasyarakatkan ketetapan MPR; Memasyarakatkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika ; Mengkaji system ketatanegaraan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2015, serta pelaksanaannya ; dan Menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Pdt. Carles Simaremare, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sesi dialog, masyarakat memberikan masukan dan saran- saran, mengenai kegiatan Sosialisasi ini diharapkan terus dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda sebagai ujung tombak penerus pembangunan bangsa.

Kedepan diharapkan adanya pelatihan tidak hanya kepada siswa-siswi saja, tetapi juga kepada masyarakat luas agar dapat secara mendalam untuk menguasai materi 4 Konsensus Kebangsaan ini sehingga dapat menjadi fasilitator-fasilitator muda yang bisa berfungsi menjadi motivator-motivator muda dikalangan generasi muda.

” Seluruh komponen bangsa memiliki tanggungjawab yang sama dalam mensosialisasikan 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara, namun Gereja menjadi salah satu ujung tombak dan memiliki peran yang sangat strategis, karena sangat dekat dengan umatnya atau masyarakat,” terang Carles Simaremare.

Lebih lanjut Carles Simaremare memaparkan bahwa sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara sangat penting diberikan khususnya kepada generasi muda yang menjadi tumpuan harapan masa depan. Karena di era Reformasi ini, yang tumbuh subur adalah sikap individualisme.

” Sekarang ini sikap yang menjamur adalah mementingkan diri sendiri, lalu rasa skeptis terhadap Pancasila semakin menjadi- jadi,” tegas Pdt. Carles Simaremare. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline