logo seputarnusantara.com

Jokowi : Dulu Pemerintah Menekan Pers, Sekarang Pers Tekan Pemerintah

Jokowi : Dulu Pemerintah Menekan Pers, Sekarang Pers Tekan Pemerintah

Jokowi, Presiden RI

9 - Feb - 2016 | 15:39 | kategori:Headline

Lombok. Seputar Nusantara. Dalam acara Peringatan Hari Pers Nasional, Presiden Joko Widodo mengkritisi kinerja media.

Jokowi menyebut dulu pemerintah yang menekan pers agar menyajikan berita yang positif, namun kini berbeda.

“Dulu pers ditekan, berita langsung yang baik-baik. Sekarang pers yang menekan pemerintah,” kata Jokowi di acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Pantai Kuta, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/2/2016).

Menurut Jokowi, industri pers sendirilah yang menekan pers. Hal itu dikarenakan ketatnya persaingan di dunia industri pers saat ini.

“Yang menekan media siapa? Menurut saya industri pers itu sendiri, karena persaingan. Ditekan karena lingkungan sendiri,” ujar Jokowi.

“Inilah yang harus kita hindarkan bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Jokowi juga mengkritisi kinerja media saat ini. Menurutnya, demi sebuah kecepatan, asas jurnalistik yang baik jadi terabaikan.

“Saya melihat, karena keinginan kecepatan memberitakan, terutama di online media, saya selalu baca terutama di mobil, di pesawat, kode etik jurnalisme, etika pemberitaan, itu sering diabaikan. Karena ingin cepat, sehingga beritanya jadi tidak akurat, tidak berimbang, campur aduk antara fakta dan opini. Dan kadang-kadang menghakimi seseorang,” katanya.

“Menurut saya ini berbahaya sekali. Kalau dulu tekanan kepada pers itu dari pemerintah, sekarang berbalik, pers justru menekan-nekan pemerintah,” tambah Jokowi.(dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline