logo seputarnusantara.com

Bulog : Stok Beras Di Cipinang Cukup

10 - Aug - 2010 | 08:31 | kategori:BUMN

BulogJakarta. Seputar Nusantara. Satu hari menjelang bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah, persediaan beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur hingga Agustus mencapai 35.000 ton dan diperkirakan cukup hingga Idul Fitri.  “Stok beras hingga saat ini mencapai 35.000 ton dan cukup hingga Lebaran mendatang. Selama ini pasokan beras dari daerah lancar yang rata-rata 2.500 ton per hari, dan jika pasokan berkurang dikhawatirkan stok tidak aman tapi untuk saat ini lancar dan cukup sampai Lebaran,” kata Staf Pendataan Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) PT Food Station Tjipinang Jaya, Suminta, di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, persediaan beras di PIBC masih tergolong cukup hingga Lebaran mendatang, karena pasokan beras dari daerah penghasil lancar, meski jumlahnya sedikit menurun akibat gagal panen di sejumlah daerah.

Ia menambahkan, pasokan beras ke PIBC hingga tanggal 9 Agustus 2010 didominasi dari daerah Karawang yang memasok 317 ton per hari, Cirebon 918 ton per hari, Bandung 413 ton per hari, dan Jawa Tengah 553 ton per hari.

Pengeluaran beras yang terbesar dari PIBC hingga tanggal 9 Agustus 2010, didominasi daerah DKI Jakarta rata-rata 1.500 ton per hari, antar-pulau 747 ton per hari, Tangerang 202 ton per hari, Bogor 68 ton per hari, Bekasi 66 ton per hari dan Karawang 24 ton per hari.

Merek beras yang laris dibeli masyarakat di PIBC, yaitu merk IR-64 I, II, dan III, karena harganya terjangkau, kualitas berasnya baik, dan juga mudahnya menanam padi di berbagai daerah-daerah penghasil beras.

Ia menjelaskan, merek beras IR-64 menjadi tolak ukur harga beras yang lainnya, jika harga beras IR-64 naik otomasti harga merek beras akan naik, dan sebaliknya.

“Sekitar 70 persen beras yang dikonsumsi masyarakat adalah beras IR-64, karena merek beras IR-64 menjadi tolak ukur harga beras yang lainnya, dan juga harganya yang relatif murah, dan berasnya cukup berkualitas, terutama pembeli dari usaha warung tegal dan rumah makan, “imbuhnya. ( bulog.co.id / Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: BUMN | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.