logo seputarnusantara.com

Nining Indra Saleh : Kemana Nama Pencipta Lambang Garuda di UU?

Nining Indra Saleh : Kemana Nama Pencipta Lambang Garuda di UU?

Nining Indra Saleh, Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem (Nasional Demokrat)

22 - Apr - 2016 | 13:57 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Nama Syarif Abdul Hamid Alkadrie, atau Sultan Hamid II, dikenal masyarakat umum sebagai salah satu Sultan Pontianak pejuang revolusi kemerdekaan.

Dia juga dikenal sebagai salah satu pengusul lambang negara yang akhirnya ditetapkan dan dipakai sebagai lambang negara hingga saat ini.

Karya Sultan Hamid II, Gambar Elang Rajawali, yang kemudian menjadi Garuda Pancasila- dipilih, diakui, dan hingga kini dipakai sebagai lambang resmi negara.

Namun dokumen resmi kenegaraan yang menyatakan lambang Garuda adalah hasil ciptaan Sultan Hamid II, hingga saat ini belum ada.

Pemimpin negara terus berganti, lambang Garuda masih sama, namun nama Sultan Hamid II tetap belum mendapatkan tempat yang layak dari negara. Bahkan UU Nomor 24 Tahun 2009 hanya menyebutkan W.R. Supratman sebaga pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, tanpa menyebutkan Syarif Abdul Hamid Alkadrie sebagai pencipta lambang negara.

Pernah ada upaya Kementerian Luar Negeri (2011) dan Kementerian Sekretariat Negara (2012) untuk menelusuri jejak Sultan Hamid II dalam lambang negara RI. Namun tampaknya, upaya untuk menempatkan Sultan Hamid II dalam posisi yang setara dengan W.R Supratman, misalnya, masih tetap jauh asap dari panggang.

Tuduhan sebagai dalang pemberontakan Westerling masih terus dilekatkan kepada Sultan Hamid II meski Mahkamah Agung sudah memutus bahwa tuduhan tersebut tidak terbukti.

“ Fraksi Partai NasDem DPR RI memandang penting pelurusan sejarah ini. Sekaligus untuk menegasikan sikap politik diskriminatif antar pengukir sejarah di tanah air,” ujar Nining Indra Saleh, Pembina Tenaga Ahli Fraksi Partai NasDem DPR RI, di Senayan, Rabu, 20 April 2006.

Dia menjelaskan, atas dasar itulah Fraksi NasDem menyelenggarakan seminar “Meluruskan Sejarah Sultan Hamid II : Sang Perancang Lambang Negara Republik Indonesia – Garuda Pancasila,” Kamis, 21 April 2016.

Dalam seminar itu, pakar dari bidang hukum, seni, dan sejarah akan memberi masukan soal pelurusan sejarah yang akan dipimpin NasDem nantinya.

“ Harapannya, seminar ini dapat menjernihkan sekaligus meluruskan titik sejarah yang benar, khususnya terhadap Sultan Hamid II. Sebagai perancang lambang negara RI, Sultan Hamid layak dicatat dalam sejarah secara de yure, seperi halnya W.R. Supratman. Sultan Hamid telah beri kontribusi positif- konstruktifnya untuk negeri ini.” tandas Nining Indra Saleh, Sekjen DPP Partai NasDem ini. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline