logo seputarnusantara.com

Yanes Murib : 4 Pilar Kebangsaan Dapat Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Yanes Murib : 4 Pilar Kebangsaan Dapat Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Yanes Murib, MM., Anggota DPD RI dari Provinsi Papua saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Jayapura

22 - Apr - 2016 | 14:35 | kategori:Headline

Jayapura. Seputar Nusantara. Pada tahun 2016 ini, kembali dimulai kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk itu Anggota DPD RI dari Provinsi Papua, Yanes Murib, MM., melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bekerjasama dengan Kimas (Komunitas Intelektual dan Masyarakat) Jayapura.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar oleh Yanes Murib dilaksanakan di Balai Desa Perumnas 3 Waena- Jayapura.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 April 2016, dengan Nara Sumbernya adalah Yanes Murib, MM.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.

Dalam paparannya, Yanes Murib menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara.

Berdasarkan ketentuan Pasal 5 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), MPR mempunyai tugas : memasyarakatkan ketetapan MPR; Memasyarakatkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika ; Mengkaji system ketatanegaraan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2015, serta pelaksanaannya ; dan Menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Yanes Murib, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini lebih diutamakan kepada para intelektual masyarakat. Karena para intelektual masyarakat juga merupakan ujung tombak pembangunan bangsa.

Yanes Murib memaparkan bahwa bangsa yang besar tidak pernah melupakan sejarahnya. Selain sebagai tugas Konstitusi di daerah pemilihannya, kegiatan ini sekaligus untuk menambah dan memperluas wawasan kebangsaan.

Oleh karena itu, 4 Pilar Kebangsaan ini dapat membangun dasar- dasar kesatuan dan persatuan dalam kerukunan hidup antar masyarakat, walaupun berbeda- beda agama, suku dan budaya.

Yanes Murib juga berharap kepada pemerintah agar Papua sebagai bagian dari wilayah NKRI, memberikan kebijakan yang lebih baik untuk wilayah dan masyarakat Papua. Jiwa Ke- Indonesiaan Papua sudah tidak diragukan lagi, maka rakyat Papua akan mempertahankan keutuhan NKRI dengan baik. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline