logo seputarnusantara.com

Telkom Solution Dukung Digitalisasi Ekosistem Bisnis Sektor Pariwisata

Telkom Solution Dukung Digitalisasi Ekosistem Bisnis Sektor Pariwisata

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara mencoba layanan e-ticketing di Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Kota Cirebon Jawa Barat.

18 - Mei - 2016 | 20:07 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui salah satu divisinya, yakni Divisi Enteprise Service yang khusus mengelola enterprise customer, semakin menguatkan komitmennya mendukung kemajuan bangsa.

Dukungan tersebut antara lain diwujudkan melalui melalui digitalisasi ekosistem bisnis sektor pariwisata.

Direktur Enterperise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan, selama 16 tahun kehadiran Telkom Solution sebagai layanan solusi total Information and Communication Technology (ICT) melalui Divisi Enterprise Service, Telkom telah hadir membangun negeri di sektor pariwisata.

“ Saat ini sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi pilar pembangunan ekonomi bangsa yang dapat menyumbang 8% dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Telkom akan berusaha memberikan kontribusi melalui dukungan ICT untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Awaluddin mengenai dukungan Divisi Enterprise Service terhadap pengembangan pariwisata Indonesia.

Dikatakan Awaluddin, salah satu kelemahan sektor pariwisata Indonesia adalah Infrastruktur Information & Communication Technology (ICT) yang masih rendah.

“ Oleh karena itu, sumbangsih Telkom Solution diharapkan dapat meningkatkan daya saing sektor pariwisata Indonesia di level global,” tambahnya.

Menurut Awaluddin, Telkom Solution memiliki cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Tourism Kingdom melalui penyediaan solusi digital ekosistem yang terintegrasi, layanan big data analytic, digital marketing, dan penyediaan ICT solution yang sesuai dengan value chain dari industri pariwisata.

Sumbangsih digitalisasi industri yang telah dilakukan Telkom Solution antara lain memberikan layanan digitalisasi sistem ticketing di destinasi wisata, seperti di Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan Keraton Kasepuhan Cirebon. Seluruh layanan tersebut merupakan persembahan dari Telkom Solution untuk dunia pariwisata Indonesia agar dapat menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Selain itu Telkom Solution juga mendukung layanan digitalisasi hotel yang telah diadopsi oleh beberapa chain hotel, seperti Accor dan Intiwhiz Internasional.  Hal ini dilengkapi pula dengan menghadirkan kemudahan layanan delivery dan digitalisasi bisnis proses pelayanan di jaringan cafe dan resto, seperti KFC, Mc Donalds, Pizza Hut, dan Mitra Adi Perkasa Food & Beverage (Starbucks, Burger King, Domino Pizza, Krispy Kreme).

“ Telkom Solution sebagai layanan total solusi ICT Divisi Enterprise Service berharap dapat lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan enterprise customer berdasarkan sektor industri sebagai kontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” pungkas Awaluddin. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline