logo seputarnusantara.com

Tamanuri Sosialisasi 4 Pilar Untuk Mantapkan Implementasi Pancasila

Tamanuri Sosialisasi 4 Pilar Untuk Mantapkan Implementasi Pancasila

Drs. H. Tamanuri, MM., Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai NasDem

31 - Mei - 2016 | 14:05 | kategori:Headline

Lampung Utara. Seputar Nusantara. Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Drs. H. Tamanuri, MM., melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bekerjasama dengan masyarakat Desa Penagan, Kecamatan Abung Timur- Lampung Utara.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 April 2016, dengan Nara Sumbernya adalah Drs. H. Tamanuri, MM.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.

Lokasi kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Penagan, Kecamatan Abung Timur- Lampung Utara.

Dalam paparannya, Tamanuri menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara.

Berdasarkan ketentuan Pasal 5 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), MPR mempunyai tugas : memasyarakatkan ketetapan MPR; Memasyarakatkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika ; Mengkaji sistem ketatanegaraan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2015, serta pelaksanaannya ; dan Menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Tamanuri kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sesi ceramah, Tamanuri memaparkan kehidupan berbangsa dan bernegara harus berlandaskan Pancasila. Sebab, Pancasila merupakan dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Tamanuri, masyarakat harus mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari- hari. Kalau Pancasila diamalkan dalam kehidupan sehari- hari, maka toleransi antar umat beragama akan terwujud ditengah- tengah masyarakat Indonesia.

” Masyarakat harus mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari- hari, sebab, dalam Pancasila terkandung nilai- nilai yang luhur untuk menciptakan kerukunan hidup antar masyarakat,” terang Tamanuri, yang juga Anggota Komisi II DPR RI ini.

Disamping harus mengimplementasikan Pancasila, masyarakat juga harus berpegang teguh pada UUD 1945, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan Bhinneka Tunggal Ika.

” Sebab, jika masyarakat mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, maka kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara akan semakin luhur, harmonis dan bangsa Indonesia akan maju,” tegas Politisi Partai NasDem ini.

Selanjutnya Tamanuri memaparkan bahwa kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini sangat penting dilakukan oleh Anggota DPR sebagai Wakil Rakyat. Dengan Sosialisasi 4 Pilar ini, maka masyarakat akan semakin memahami Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

” Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar ini jangan hanya bersifat seremonial saja, tetapi benar- benar memberikan manfaat dan pencerahan bagi masyarakat. Oleh karena ini, mari kita sama- sama berusaha terus- menerus meningkatkan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari- hari,” tegas Tamanuri kepada para peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline