logo seputarnusantara.com

Sulaeman Hamzah Kunjungi Pesantren di Wamena- Papua dan Bantu 1 Ton Beras

Sulaeman Hamzah Kunjungi Pesantren di Wamena- Papua dan Bantu 1 Ton Beras

H. Sulaeman Hamzah, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Dapil Papua saat berkunjung ke Pesantren Al Istiqomah di Wamena- Papua

21 - Jun - 2016 | 15:00 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Papua merupakan Provinsi paling timur di Indonesia.

Provinsi Papua mempunyai kekayaan alam dan juga kekayaan akan tambang.

Salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Papua adalah Kabupaten Wamena, merupakan daerah pegunungan.

Beberapa hari yang lalu, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem H. Sulaeman Hamzah berkunjung ke Wamena- Papua. Sulaeman mengunjungi Pondok Pesantren Al Istiqomah di Wamena. Pondok Pesantren ini merupakan satu- satunya yang ada di Wamena.

” Kunjungan Dapil saya ke Wamena, saya mengumpulkan para tokoh pemuda yang mempunyai potensi. Beberapa masukan dari tokoh pemuda tersebut diantaranya, para generasi muda yang ada di daerah pegunungan ini, perlu digerakkan. Mereka potensial mengembangkan komoditas tanaman kopi dan buah merah. Budidaya kopi dan buah merah sudah terbiasa mereka lakukan,” terang Sulaeman.

Oleh karena itu, para pemuda Wamena berharap pemerintah dan DPR menaruh perhatian yang besar terhadap budidaya kopi dan buah merah. Mereka berharap agar pemerintah bisa merubah pola hidup dan pola budidaya yang selama ini masih tradisional, menjadi budidaya yang modern dan dalam skala besar.

” Mereka minta pemerintah memperhatikan lebih besar lagi. Termasuk membantu peralatan pasca panennya. Menurut saya, ini harus disikapi betul, agar para pemuda tersebut bisa lebih maju dan sejahtera. Kunjungan ini merupakan kunjungan Dapil yang merupakan kewajiban anggota Dewan,” terangnya.

Menurut Sulaeman, dirinya melakukan 2 kegiatan di Wamena, yaitu menyerap aspirasi para pemuda pembudidaya kopi dan buah merah, serta mengunjungi Pondok Pesantren Al Istiqomah di pegunungan Wamena. Pesantren ini, lanjutnya, seluruh santrinya merupakan penduduk asli Papua.

” Pesantren Al Istiqomah ini berada di Distrik Walesi- Kabupaten Wamena, Papua. Menurut penghuni Pesantren, bahwa kunjungan saya ini merupakan kunjungan perdana Anggota DPR. Menurut mereka, baru kali ini ada Anggota Dewan berkunjung ke Pesantrennya. Kehidupan mereka disana sangat harmonis, Pesantren dan Gereja bersebelahan, namun selalu rukun. Sejak Pesantren berdiri tahun 1970an hingga sekarang, tidak pernah ada konflik antara umat Islam dengan umat Kristen. Ini sangat menarik, karena mereka hidup berdampingan dan Pesantren dan Gereja menjadi perekat persatuan masyarakat,” ungkap Sulaeman.

Menurut Sulaeman, hal yang menarik dari Pesantren itu adalah seluruh santrinya merupakan orang asli Papua, sedangkan Ustadznya didatangkan dari Madura- Jawa Timur. Mereka hidup harmonis dan rukun dengan pemeluk agama lainnya.

” Kemarin kunjungan saya ke Pesantren Al Istiqomah di Distrik Walesi- Kabupaten Wamena, Papua, pada tanggal 16 Juni 2016. Disana juga ada Masjid tua yang belum selesai direnovasi,” tegas Sulaeman Hamzah.

Pada kesempatan kunjungan ke Pesantren Al Istiqomah di Distrik Walesi- Kabupaten Wamena- Papua tersebut, Sulaeman Hamzah memberikan bantuan berupa 1 ton beras dan juga memberikan kain sarung. ( Aziz).

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline