logo seputarnusantara.com

Prananda Paloh : Sikap Indonesia Terkait Putusan Laut China Selatan Tepat

Prananda Paloh : Sikap Indonesia Terkait Putusan Laut China Selatan Tepat

Prananda Surya Paloh, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai NasDem

15 - Jul - 2016 | 18:50 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Mahkamah Arbitrase Internasional telah memutuskan bahwa Tiongkok tak berhak klaim seluruh laut China Selatan.

Putusan tersebut memunculkan gejolak baru di kawasan Asia Pasifik akhir- akhir ini.?

Menanggapi putusan mahkamah tersebut, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Prananda Surya Paloh mengatakan bahwa sikap Indonesia sudah benar yakni tunduk pada segala keputusan Mahkamah Internasional.

” Ini sebagai bentuk komitmen bangsa untuk bersama-sama menjaga perdamaian dunia,” katanya saat dihubungi, Jumat (15/7/2016).

Prananda mencontohkan kasus tumpang tindih klaim atas wilayah yang sama juga menjadi titik sengketa antara Indonesia yang pernah kalah melawan Malaysia dalam mahkamah internasional pada kasus wilayah Sipadan dan Ligitan.

Namun, jangan lupa pemerintah Hindia Belanda (Belanda) pernah menang melawan Amerika Serikat (penguasa Filipina) di Mahkamah yang sama pada kasus pulau Miangas.

” Keduanya, kita membuktikan bangsa kita tunduk dan mematuhi keputusan mahkamah internasional, sebagai bentuk tauladan menjaga ketertiban dunia,” tegasnya.

Politikus muda Partai NasDem ini kembali menegaskan posisi Indonesia adalah konsisten untuk turut mendukung dan mematuhi keputusan tersebut.

” Sementara implikasinya pada wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) RI yang sebagian masuk dalam klaim RRT, sudah diperkuat oleh keputusan itu,” tuturnya.

Terkait dengan konsekwensi- konsekwensi hasil putusan mahkamah arbitrase tersebut Legislator NasDem dapil Sumatera Utara I menghimbau pentingnya dilakukan dialog dengan pihak- pihak terkait.

” Kembali pada dialog- dialog multilateral dan bilateral yang konstruktif, menjaga kestabilan kawasan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi semua pihak,” tutupnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline