logo seputarnusantara.com

Endre Saifoel : DPR Dukung Rencana RNI Bangun PLTMH di Sumatera Barat

Endre Saifoel : DPR Dukung Rencana RNI Bangun PLTMH di Sumatera Barat

H. Endre Saifoel, Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem

20 - Jul - 2016 | 15:10 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Rencana PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Sumatera Barat, disambut positif oleh Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem H. Endre Saifoel.

” Kalau memang PT RNI serius ingin mengerjakannya ya silakan saja, kita baik Pemda maupun saya yang berasal dari Dapil ini sudah pasti mendukung,” ujar Endre di ruang kerjanya, Kompleks Senayan, Selasa (19/7/2016).

Hanya saja, Legislator Sumbar I menekankan, perlu ada pembenahan terlebih dahulu terhadap izin penggunaan sungai yang berada di Solok Selatan sebagai tempat proyeksi PLTMH.

Karena, lanjutnya, sebagian besar sungai di daerah tersebut sudah memiliki beberapa perizinan. Banyaknya perizinan bisa menimbulkan tumpang tidih dalam penggunaannya.

” Jangan sampai nanti setelah masyarakat dan Pemda setempat sudah sangat berharap, karena hal ini (izin), wacana PLTMH itu hanya tinggal jadi cerita saja,” cetusnya.

Ungkapan ini sangat beralasan, karena hingga saat ini banyak perizinan diberikan oleh Pemda Solok Selatan kepada investor, akan tetapi dalam kenyataaannya berbagai proyek pengembangan energi yang direncanakan hanya isapan jempol belaka.

” Sudah banyak investor yang ingin membangun di atas sungai- sungai daerah ini, tetapi sampai saat ini belum ada satupun yang berdiri,” kesalnya.

Terkait PT RNI yang menginvestasikan modalnya pada proyek yang bukan sektornya, pria yang biasa dipanggil Haji Wen ini mengatakan, investasi dalam PLTMH ini sangat menjanjikan.

Apalagi Pemerintah saat ini sedang giat mengembangkan dan mendorong pemanfaatan sektor energi baru dan terbarukan (EBT) sampai 20 persen.

” Secara marginnya sangat besar dan menggiurkan bagi investor. Investasi di PLMTH ini kalau dihitung selama empat tahun saja sudah bisa BEP (Break Event Point) atau balik modal,” paparnya.?

Endre menegaskan kembali, pengembangan energi baru- terbarukan ini tergantung kepada keseriusan untuk melaksanakan proyek tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama RNI Didik Prasetyo mengungkapkan telah menyiapkan dana investasi hingga Rp 400 milliar untuk membangun PLTMH dengan menggunakan aliran sungai Lambai dan Belangir di Solok Selatan Sumatera Barat. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline