logo seputarnusantara.com

Tamanuri : Fraksi NasDem DPR RI Dorong Dua DOB Baru di Kalimantan

Tamanuri : Fraksi NasDem DPR RI Dorong Dua DOB Baru di Kalimantan

Drs. H. Tamanuri, MM., Anggota Komisi II DPR

15 - Sep - 2016 | 19:38 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Pemekaran menjadi satu-satunya cara agar daerah yang terpencil dan terbelakang bisa merasakan geliat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang substansial.

Dua calon Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Kabupaten Kabudaya di Provinsi Kalimantan Utara serta Kabupaten Paser Selatan di Provinsi Kalimantan Timur menjadi daerah yang harus dikembangkan baik infrastruktur dan ekonominya.

Kedua daerah tersebut berbatasan langsung dengan Malaysia, sehingga ketimpangan pembangunan dengan negara tetangga bisa dukurangi. Demikian pernyataan Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi NasDem Drs. H. Tamanuri,MM., dalam Rapat Dengar  Pendapat dengan Tim Pemekaran Kabupaten Paser Selatan dan Kabupaten Budaya, Rabu (14/09/2016) di Gedung Parlemen, Jakarta.

Dijelaskan lebih lanjut, pemekaran daerah merupakan satu-satunya jalan terbaik untuk meningkatkan status daerah tertinggal menjadi daerah yang mempunyai daya saing pembangunan dan ekonomi. Apalagi kondisi pemekaran Kabupatean Paser Selatan dan Kabupaten Budaya berlandaskan nasionalisme dan kedaulatan negara karena berbatasan dengan Malaysia. Maka menurutnya, perbatasan sebagai etalase negara harus mulai dibenahi dan disejahterakan.

“ Pembangunan (sejauh ini) itu cuma ada di provinsi dan kota saja sementara di daerah pinggiran tidak. biasanya daerah-daerah ujung, tidak pernah mendapat jangkauan. Seperti infrastruktur dan pelayanan Negara. Pembangunan juga harus terasa sampai perbatasan, jangan hanya dipusat,” paparnya dengan nada semangat.

Berdasarkan pengalamannya memimpin Kabupaten Way Kanan yang merupakan DOB pasca arus otonomi daerah begulir, pemekaran daerah tidak bisa dilaksanakan secara terburu-buru. Sampai saat ini Komisi II telah menerima setidaknya 160 daerah pemekaran baru yang menunggu ditindaklanjuti.

Calon DOB Kabupaten Paser Selatan dan Kabupaten Budaya menurut lulusan IPDN ini harus memenuhi berbagai kriteria yang diatur dalam undang-undang. Ketentuan administrasi yang mengikat serta kondisi lapangan harus memenuhi prosedur, sehingga peluang kedua daerah tersebut menjadi Kabupaten baru segera terealisasi.

Tamanuri mengatakan Fraksi NasDem mendukung sepenuhnya pemekaran selama tujuan pemekaran daerah untuk menyejahterakan rakyat perbatasan. Diakuinya, ia merasa sedih melihat perbandingan kondisi infrastruktur dan ekonomi di daerah perbatasan dengan Malaysia. Keadaan tersebut diperparah dengan bergantungnya sebagian masyarakat setempat terhadap negara tersebut  terutama menyangkut pelayanan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“ Ga ada alternatif lagi, solusinya memang harus dimekarkan,” pungkasnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline