logo seputarnusantara.com

Yayuk Sri Rahayuningsih : Pemerintah Harus Serius Kembangkan Riset Nasional

Yayuk Sri Rahayuningsih : Pemerintah Harus Serius Kembangkan Riset Nasional

Yayuk Sri Rahayuningsih, Anggota Komisi X DPR

23 - Sep - 2016 | 14:39 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Negara membutuhkan dukungan riset dan inovasi agar dapat menjadi penghubung untuk kemajuan bangsa dan berdaya saing.


Namun hal itu masih menjadi harapan jika kita lihat dunia riset yang memprihatinkan di Tanah Air.


Bagaimana tidak, anggaran negara untuk kegiatan strategis semacam ini hanya 0,09 persen dari pendapatan domestik bruto.


Kondisi ini tak ayal membuat Indonesia semakin tertinggal dari negara-negara industri dunia.


Menurut Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Sri Rahayuningsih, dalam pengembangan riset yang berdimensi jangka panjang di butuhkan komitmen yang tinggi. Komitmen ini, baik secara kelembagaan maupun dalam kebijakan anggaran.


” Inovasi dari hasil riset berkelanjutan sangatlah penting, karena manfaatnya besar,” ujarnya saat di wawancara di lingkungan Senayan DPR, Rabu (21/9/2016).


Yayuk menegaskan, hanya dengan memajukan budaya riset yang kuat dan pengembangan inovasi yang terarah, pembangunan ekonomi Indonesia akan menemukan arahnya.


” Iya untuk itu saya sangat setuju dan mendesak adanya perbaikan dan penataan sistem riset ini,” tegasnya.


Yayuk menambahkan, pengembangan sistem riset tetap tidak akan berkembang jika mengandalkan keberpihakan satu per- satu lembaga. Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang ini, penting sekali untuk semua pihak mengembangkan infrastruktur kegiatan riset.


” Saya sering menanyakan ini dalam rapat-rapat Komisi. Alih- alih bisa kuasai soal pangan atau energi, malah kita semakin kedodoran,” ujarnya.


Yayuk menandaskan, riset-riset di perguruan tinggi, lembaga, maupun industri, perlu terus di kembangkan. Agar kegiatan riset cukup diminati, harus di mulai dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).


” Saya minta Kemenristek untuk menegaskan komitmennya menekuni serius bidang kerisetan. Jangan abai, karena ini demi kejayaan bangsa,” tutupnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline